Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan

Cara Cepat Hamil

 

cara mengatasi rambut rontok berlebihan

cara mengatasi rambut rontok berlebihan

Rambut rontok berlebihan

Rambut rontok berlebihan yang melebihi 100 helai per harinya atau yang disebut sebagai kondisi “telogen effluvium”, merupakan kondisi yang terjadi akibat adanya faktor-faktor tertentu yang berkaitan dengan kesehatan Anda.  Sebetulnya rambut rontok atau dalam ilmu kesehatan disebut dengan “alopesia” adalah menurunnya jumlah rambut yang tumbuh pada kulit kepala, adalah hal yang wajar apabila rambut yang rontok berkisar 50 sampai 100 helai setiap harinya, karena rambut yang baru akan tumbuh menggantikan rambut yang rontok tersebut.

Kita harus mengetahui penyebab dari rambut rontok berlebihan, agar dapat juga mengetahui cara mengatasinya, sehingga tidak menyebabkan rambut menjadi tipis dan akhirnya menimbulkan kebotakan.

Banyak penyebab terjadinya rambut rontok berlebihan diantaranya :

1. Rambut rontok berlebihan karena stres emosional.

Seperti adanya masalah dengan pekerjaan atau usahanya, ada masalah di dalam keluarga dan lain sebagainya.  Namun ada juga stres karena terjadinya trauma fisik yang intensif, seperti melahirkan, mengalami kecelakaan, berat badan menjadi menyusut, karena adanya penyakit yang serius, bahkan disebutkan dalam beberapa literatur penyakit flu pun bisa menyebabkan terjadinya kerontokan rambut berlebihan.  Kerontokan rambut biasanya terjadi enam minggu hingga tiga bulan setelah timbulnya stres berat.

Cara mengatasi rambut rontok berlebihan adalah dengan mengelola dan menangani stres yang sedang dialami, dan apabila mengatsi stres tersebut maka dengan berjalannya waktu pertumbuhan rambut akan kembali normal.

2. Rambut rontok berlebihan karena terjadinya perubahan hormonal.

Seperti yang terjadi pada wanita hamil. Dalam istilah medis kerontokan rambut akibat perubahan hormon disebut alopesia androgenik. Selain pada wanita hamil, kerontokan tersebut dapat terjadi juga pada pria berusia di atas 50 tahun, atau pada wanita setelah melewati masa menopause.  Hormon yang berperan timbulnya perontokan rambut adalah dihydrotestosterone (DHT) yang dihasilkan oleh hormon progesteron, dimana  DHT akan menyebabkan folikel rambut menyusut yang lama kelamaan rambut akan rontok.

Salah satu cara untuk memperbaikinya adalah dengan memenuhi asupan nutrisi dan gizi yang baik yang berpengaruh pada pertumbuhan rambut. Cara ini akan membuat kerontokan rambut bisa berkurang secara drastis. Hindari kelelahan berat dan stress karena keduanya dapat memperparah rambut yang rontok.  Selain itu bisa menggunakan DHT blockers atau anti DHT yang mengandung zinc alami yang dapat memblokir DHT dalam merontokkan rambut.

3. Menjalankan diet ketat dapat menimbulkan rambut rontok berlebihan.

Ternyata diet ketat baik dengan menggunakan obat ataupun tidak, dapat menimbulkan efek samping, salah satunya kerontokan rambut. Menurut Paradi Mirmirani seorang ahli dematologist asal California, Amerika Serikat, bahwa salah satu ciri orang yang terkena anoreksia (gangguan makan yang menyebabkan seseorang terobsesi dengan berat badan dan apa yang dimakannya) adalah rambut tipis dan kering.  Keadaan terjadi karena kurangnya asupan gizi dan tidak seimbangnya makanan yang masuk akibat melakukan diet yang ketat.  Terutama asupan protein, karena sebanyak 97% struktur rambut itu terdiri dari protein, apabila kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung protein maka pertumbuhan rambut akan melambat, bahkan dalam beberapa kasus pertumbuhan rambut tersebut akan berhenti. Usahakan dalam sehari untuk mengkonsumsi minimal 100gr protein yang bisa Anda dapatkan dari daging, ikan, telur, kacang-kacangan, mentega dan lain sebagainya.  Kekurangan vitamin A, B, B12, C, asam folat serta zat besi juga sering terjadi ketika melakukan diet ketat.  Padahal zat-zat tersebut penting untuk kesehatan rambut, sehingga apabila kekurangan dapat menjadi penyebab terjadinya kerontokan rambut atau pertumbuhan rambut terganggu.  Namum demikian untuk vitamin A jangan dikonsumsi berlebihan, seperti yang dilansir dari health.com sesuai rujukan American Academy of Dermatology, bahwa terlalu banyak mengkonsumsi suplemen vitamin A dapat memicu kerontokan rambut.  Angka Kebutuhan Gizi (AKG) harian dari suplemen vitamin A untuk dewasa dan anak di atas usia 4 tahun adalah 2,500 – 10,000 IU.

Untuk mengatasi rambut rontok berlebihan karena diet ketat, tentunya dengan menyeimbangkan kebutuhan nutrisi bagi tubuh, terutama yang berpengaruh terhadap pertumbuhan rambut.  Nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan adalah

a. Protein

Standar angka kecukupan protein bagi masyarakat Indonesia adalah sekitar 56-59 gram per hari untuk perempuan dan 62-66 gram per hari untuk laki-laki.  Sumber protein tertinggi adalah daging, telur, ikan, kacang almond, tahu, tempe, buah alpukat, kurma, jambu biji, nangka, pisang; brokoli, jamur, kentang, jagung manis, asparagus

b. Zat besi

Zat besi banyak terkandung dalam sayuran berdaun hijau, daun bawang, kacang mede, buah-buahan kering, daging, unggas, hingga sereal dan pasta yang telah difortifikasi, sayur bayam.  Anda juga dapat mengonsumsi suplemen zat besi, tetapi sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda.

c. Vitamin B

Vitamin B dapat mengurangi rambut rontok berlebihan dengan meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala dan juga merememajakan folikel rambut.  Sumber vitamin B terdapat dalam buah-buahan dan sayuran seperti pisang, apel, alpukat, bayam, kubis, brokoli, dan kembang kol.  Sumber vitamin B juga ditemukan di daging, ikan laut, telur dan produk susu.

c. Asam lemak omega 3

Asam lemak esensial omega 3 dapat membantu mengatasi rambut rontok berlebihan juga merangsang untuk pertumbuhan rambut, selainitu dapat membantu menyehatkan kulit kepala dan membuat rambut menjadi lebih berkilau. Asam lemak omega-3 banyak ditemukan pada kacang-kacangan, salmon, tuna, alpukat, dan bayam.

d. Vitamin C dan E

Vitamin C dan E berpengaruh dapat meningkatkan pembentukan kolagen yang merupakan elemen penting untuk pertumbuhan rambut.  Selain itu vitamin C berguna juga untuk mencegah terjadinya rambut patah. Vitamin C banyak terkandung pada buah-buahan seperti jeruk, jambu biji, stroberi, dan sayuran antara lain bayam, dan paprika merah.

Sedangkan vitamin E merupakan salah satu antioksidan yang berperan bagi tubuh untuk memproduksi keratin sebagai penghambat kerusakan rambut.  Vitamin E bisa didapatkan dari kacang almond, kuaci, bayam, alpukat, brokoli, tomat, mangga, dan lain sebagainya.

 

rambut rontok berlebihan

rambut rontok berlebihan

4. Adanya gangguan kelenjar tiroid

Rambut menjadi rontok berlebihan bisa juga terjadi karena adanya gangguan kelenjar tiroid, terutama hypotiroidisme dimana kelenjar tiroid tidak dapat bekerja dengan optimal dalam  memproduksi hormon untuk metabolisme, serta pertumbuhan dan perkembangan tubuh.    Hypotiroidisme dapat menyebabkan beberapa gejala, seperti kenaikan berat badan, kelelahan, sembelit, depresi, dan sulit berkonsentrasi, rambut, kulit, dan kuku mudah rapuh juga patah.  Sedangkan  hypertiroidisme kebalikannya di mana produksi hormon metabolisme justru berlebih, yang dapat menyebabkan jantung berdebar, diare, mudah marah, gugup, kulit terasa lembab otot terasa lemah, serta ekspresi mata yang selalu terlihat seperti kaget.  Gangguan tiroid lebih umum ditemukan pada wanita, khususnya pada usia 50-an.

Mengatasi rambut rontok berlebihan karena gangguan kelenjar tiroid adalah dengan berkonsultasi ke dokter Anda dan minta uji lab lengkap.  Hal ini akan membantu untuk mengetahui aktivitas dari kelenjar tiroid dan pengaruhnya terhadap tubuh Anda.  Mungkin selain rambut rontok, ada masalah kesehatan lainnya akibat gangguan kelenjar tiroid.  Tidak ada sumber makanan yang dapat dikonsumsi untuk mencegah kerontokan rambut akibat hipertiroid, namun dilakukan dengan pemberian obat atau radioterapi tergantung dari penyebabnya, sehingga hormon tiroid tetap terjaga dalam batas normal dengan demikian efek samping dari meningkatnya hormon tiroid dapat dikurangi.  Untuk itu sebaiknya lakukanlah konsultasi dan kontrol rutin dengan dokter khususnya spesialis penyakit dalam untuk melakukan pengobatan terhadap kondisi hipertiroid yang anda alami.

5. Adanya penyakit autoimun

Penyakit autoimun yang disebut dengan “alopecia areata” dapat juga menyebabkan rambut menjadi rontok berlebihan.  Alopecia areata sendiri adalah gangguan autoimun tubuh, di mana sistem kekebalan tubuh akan menganggap rambut sebagai benda asing yang berbahaya (musuh) sehingga akhirnya menyerang folikel rambut. Sampai sekarang belum diketahui penyebabnya yang pasti, namun alopecia areata bisa dialami oleh wanita dan pria. Para ilmuwan banyak yang memperkirakan stres menjadi faktor penting terjadinya kondisi gangguan ini. Alopecia areata dapat menyebabkan area kebotakan yang kecil pada kulit kepala (pitak), atau terjadinya kerontokan rambut pada sebagian alis, atau juga bulu kaki. Sedangkan kebotakan total kepala dikenal sebagai “alopecia totalis”, sementara itu jika kebotakan terjadi pada seluruh tubuh disebut “alopecia universalis”.

Selain itu ada penyakit autoimun lainnya yang disebut “lupus”, merupakan penyakit autoimun kronis dan menyebabkan sistem kekebalan tubuh akan menyerang jaringan sehat apapun.  Lupus dapat mengakibatkan kelelahan yang sangat berat, sakit kepala, sariawan, serta persendian yang membengkak dan terasa sakit. Pada sebagian orang adanya ruam yang memerah berbentuk seperti kupu-kupu pada wajah yang menyebabkan menjadi sensitif terhadap sinar matahari. Selain itu penderita lupus juga akan mengalami kerontokan rambut, yang bisa juga diikuti kepitakan dan iritasi memerah pada kulit kepala.

Untuk mengatasi rambut rontok berlebihan karena penyakit autoimun diantaranya adalah :

a. Hindari Memelihara Rambut Terlalu Panjang.  Rambut panjang sangat rawan mengalami kerontokan, dan membuat rambut kelembababnnya lebih lama yang secara tidak langsung akan mempengaruhi nyeri sendi.

b. Tidak Menggunakan Hair Dryer Atau Ditutup Handuk Setelah Keramas.  Karena ketika menggunakan hair dryer anginnya-anginnya akan mengenai kulit kepala dan itu kurang bagus. Jika ditutup handuk setelah keramas akan menjadikan kulit kepala lembab dalam waktu yang lama sehingga efeknya kerontokan.

c. Memakai Jeruk Nipis.  Jeruk nipis diperas dan dan disaring.  Oleskan ke kulit kepala dengan menggunakan kapas, biarkan selama 15 menit lalu keramas. Lakukan seminggu 2x.  Jeruk nipis dapat memberikan vitamin pada akar rambut, dan juga mengurangi ketombe.

d. Memakai Virgin Coconut Oil (VCO).  Masukkan dalam mangkuk kecil beberapa sendok Virgin coconut oil (VCO), oleskan pada kulit kepala secara merata dengan menggunakan kapas. Diamkan selama 15 menit lalu keramas.  VCO membantu memperkuat akar rambut dan membuat rambut lebih bercahaya sekaligus bisa menghilangkan ketombe.  Gunakan seminggu 2x

e. Gunakan Sisir Dari Bahan Kayu.  Pakai sisir dari bahan kayu dan bergerigi jarang, supaya mengurangi kerontokan. Penggunaan sisir plastic seringkali membuat rambut menjadi rontok.

f. Gunakan Hair Tonic.  hair tonic setelah keramas pada saat rambut dalam kondisi setengah kering akan sangat menolong mengurangi kerontokan agar tidak semakin parah. pilihlah merk yang cocok bagi rambut kita.

Selain karena hal-hal tersebut di atas penyebab rambut rontok berlebihan dapat juga terjadi karena kondisi-kondisi berikut :

 

rambut rontok berlebihan

rambut rontok berlebihan

1. Penggunaan zat kimia.  Terutama zat kimia karena terlalu sering menjalani proses kimia di salon, hal ini menyebabkan rambut lebih rentan dan akhirnya mengalami kerontokan.  Juga apabila sering mewarnai rambut dan meluruskannya secara permanen akan membuat batang rambut menjadi lebih mudah patah.  Aturlah jangan terlalu sering menjalani proses kimia di salon.

2. Sering mengkonsumsi obat kimia.  Sering mengkonsumsi obat-obatan kimia dapat juga menyebabkan rambut menjadi rontok berlebihan.  Terutama obat-obatan yang biasa digunakan untuk menangani arthritis, depresi, gangguan jantung, serta tekanan darah tinggi.  Apabila terlalu sering menggunakannya dapat juga menimbulkan efek samping kerontokkan rambut. Agar aman lebih baik Anda berkonsultasi ke dokter, untuk menghindari atau meminimalkan efek samping dari obat-obat kimia

3. Menjalani terapi kanker. Terapi atau pengobatan kanker dengan kemoterapi, imunoterapi, dan radioterapi dapat menyebabkan rambut menjadi rontok berlebihan dan disebut dengan istilah “anagen efluvium” (kerontokan menyeluruh). Kerontokan ini juga dapat berdampak pada kulit kepala, wajah, dan tubuh. Namun sebagian besar kasus ini tidak bersifat permanen. Rambut biasanya dapat tumbuh kembali setelah beberapa bulan berhenti menjalani kemoterapi.

Para ahli mengatakan, pasien yang mengalami kerontokan rambut tidak perlu khawatir, rambut yang rontok tersebut bisa tumbuh kembali. Kerontokan akibat kemoterapi biasanya akan pulih sekitar 1-2 buan setelah pengobatan berhenti, dan sering kali warnanya lebih gelap dan mengkilap. Untuk yang lebih muda, pertumbuhan akan lebih cepat. “pasien tidak perlu khawatir dengan kerontokan rambut akibat kemoterapi, secara aktif harus tetap dijaga kesehatan dan kepercayaan dirinya. Jika kerontokan rambut membuat pasien khawatir dengan pemilihan pengobatan, bisa dikonsultasikan dengan dokter untuk permasalahan ini dan mendapatkan jalan keluar yang paling baik.”

Perawatan rambut selama kemoterapi

Jika kemoterapi tidak dapat dihindari, ada beberapa tips dari para ahli:

  • Gunakan shampo yang ringan
  • Gunakan sarung bantal dengan bahan kain satin
  • Gunakan sisir yang lembut, jangan takut untuk menyisir, menyisir bisa membuat lancar peredaran darah sehingga dapat membantu untuk pertumbuhan rambut kembali.
  • Jika anda harus menggunakan pengering rambut, gunakan yang tidak terlalu kencang dan usahakan stabil
  • Jangan dikeriting atau diwarnai
  • Rambut pendek seperti model bob membuat rambut anda terlihat lebat dan jika rontok pun akan mudah untuk ditangani
  • Gunakan tabir surya, topi, syal atau mungkin wig untuk menghindari kontak langsung dengan sinar matahari. Jika anda ingin memakai wig, beli sebelum rambut rontok, dan untuk hal ini bisa dipilih sesuai dengan warna dan bentuk rambut asli.

Makanan apa yang dapat membantu untuk menumbuhkan rambut?

Makanan yang baik untuk pertumbuhan rambut adalah kacang hitam, biji wijen hitam, padi, dan gandum; bayam, seledri, wortel dan sayuran lainnya; kenari, kacang pinus, kemiri; Daging, ikan, telur, tulang sumsum, hati, dan lainnya. Mengkonsumsi suplemen yang kaya akan vitamin B, vitamin E, kolin, lesitin, inositol juga baik karena memungkinkan terjadinya regenerasi rambut baru

4. Trichotillomania.  Mungkin istilah ini jarang atau tidak pernah kita dengar, tetapi sebetulnya mungkin kita pernah melihat atau bahkan pernah melakukannya.  “Trichotillomania” merupakan gangguan kontrol impuls yang menyebabkan seseorang terus menerus dengan tidak sadar (impulsif) mencabut rambutnya. Kondisi ini akan menyebabkan akan terjadinya iritasi pada kulit kepala dan merontokkan perlindungan alami rambut.  Kejadian trichotillomania banyak ditemukan pada wanita dan pria.

Untuk mengatasinya, Anda perlu berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis psikiatari. Dokter akan mewawancarai anda lebih mendalam untuk menggali apa penyebab anda melakukan hal tersebut. Selanjutnya dokter akan memberikan suatu psikoterapi serta terapi obat agar anda dapat mengontrol keinginan untuk mencabut rambut ditubuh anda.

Itulah beberapa cara mengatasi rambut rontok berlebihan berdasarkan penyebab terjadinya kerontokkan rambut berlebihan tersebut.  Namun demikian rambut rontok berlebihan tidak membutuhkan pengobatan tertentu dan khusus. Rambut akan dapat tumbuh dan tebal kembali dalam jangka waktu enam bulan, jika penyebab rambut rontok seperti yang dipaparkan di atas sudah dapat diatasi.

Referensi

  1. Infoyunik.com. 2015 Ternyata Diet Ketat Dapat Sebabkan Kerontokan Rambut
  2. Alodokter.com. 2016. Inilah Penyebab Rambut Rontok Berlebihan
  3. Hellosehat.com. 2017. 12 Kondisi yang Menyebabkan Rambut Rontok
  4. Hellosehat.com. 2018. Rambut  Rontok Akibat Diet
  5. Alodokter.com. 2017. Rambut  Rontok  Karena Sakit Hipertiroid
  6. Keziayamamoto.com. 2017. Tips Mengatasi Kerontokan Rambut Secara Alami
  7. Asiancancer.com/indonesian/Cancer Health-Healthcarecancer Nursing
  8. Klikdokter.com. 2017. Mengatasi Kebotakan Karena Trikotillomania

Hosting Unlimited Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

userobi

Lahir di Cirebon besar di Bogor, sekarang tinggal di Solo Pernah Kuliah di Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pakuan Bogor sampai selesai Anak 1 putri sudah kuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *