Bagaimana Cara Memilih Pasta Gigi Yang Tepat

Cara Cepat Hamil

memilih pasta gigi yang tepat

memilih pasta gigi yang tepat

Bagaimana cara memilih pasta gigi yang tepat untuk gigi Anda.  Menjaga kesehatan gigi dan gusi sangat penting agar tidak terjadi kerusakan pada gigi dan juga untuk mencegah bau mulut. Memilih pasta gigi yang tepat sangat berpengaruh dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut, namun bukan sesuatu yang mudah untuk dapat memilih pasta gigi yang tepat.  Artikel tentang cara memilih pasta gigi yang tepat ini saya sadur dari medicalnewstoday.com diharapkan akan dapat membantu Anda untuk memilih jenis pasta gigi yang tepat untuk gigi Anda.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih jenis pasta gigi yang tepat untuk digunakan

1. Perhatikan Kandungan Fluoride-nya

Para dokter gigi dan ahli gigi di dunia menyatakan bahwa fluoride merupakan unsur penting yang harus ada di dalam pasta gigi, karena fluoride merupakan mineral alami yang dapat melindungi enamel gigi dan mencegah gigi berlubang.  Para ahli menyatakan bahwa fluoride yang ada dalam pasta gigi dan air minum dapat mengurangi gigi berlubang secara signifikan selama beberapa dekade terakhir. Sejumlah penelitianpun menyimpulkan bahwa fluoride bahan yang aman dan efektif mencegah gigi berlubang.  Untuk itulah maka para ahli gigi dan sejumlah dokter gigi menyatakan bahwa fluoride sebagai unsur penting dalam pasta gigi.

2.Terdapat Label Asosiasi Dokter Gigi

Ada beberapa produk pasta gigi mencantumkan label pesetujuan dari Asosasi Dokter Gigi kalau di Indonesia PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia), hal ini berarti bahwa produk tersebut memenuhi ketentuan, dimana produk pasta gigi harus:

  • Mengandung fluoride
  • Mengandung bahan aktif untuk meningkatkan kebersihan mulut
  • Bebas dari unsur yang dapat menimbulkan terjadinya kerusakan gigi, seperti gula
  • Adanya bukti-bukti ilmiah pendukung yang menyatakan bahwa produk tersebut aman dan efektif.

Namun walaupun banyak juga produk pasta gigi yang tidak ada label persetujuan dari asosiasi dokter gigi, bukan berarti pasta gigi tersebut tidak layak untuk digunakan.

3. MembacaLabel Kandungan Bahan Pasta Gigi

Dalam memilih pasta gigi yang tepat sangat dianjurkan untuk membaca dan memeriksa dengan hati-hati label kandungan dari bahan pasta gigi tersebut.  Karena tidak semua jenis pasta gigi cocok untuk semua orang. Misalnya, beberapa produk tidak cocok apabila digunakan pada anak kecil.  Produk pasta gigi untuk anak kecil biasanya mengandung perasa dan pemanis sehingga produsen harus mencantumkan zat perasa dan pemanis pada label produk pasta gigi, atau adanya kandungan bahan kimia.  Ada beberapa bahan kimia yang terkandung di dalam pasta gigi yang mungkin seharusnya dihindari oleh sebagian orang karena sensitif terhadap bahan kimia tersebut.

Bahan-bahan umum yang terkandung dalam pasta gigi adalah:

  • Sakarin, sebagai pemanis
  • Kalsium karbonat dan silikat, yang merupakan bahan abrasif
  • Gliserol, bahan ini yang membuat pasta gigi bentuknya seperti gel
  • Sodium Lauryl Sulfate (SLS), merupakan deterjen yang menyebabkan pasta gigi menjadi berbusa.  Untuk orang yang sering sariawan, hendaknya menghindari produk pasta gigi yang mengandung bahan SLS tersebut, karena beberapa penelitian menunjukkan bahwa SLA dapat menimbulkan resiko terjadinya sariawan gusi.

4. Memilih Pasta Gigi Yang Tepat Berdasarkan Kondisi Gigi

Bagi Anda yang mempunyai kondisi gigi tertentu, tentunya harus memilih pasta gigi yang sesuai dengan kebutuhannya, misalnya desensitizing merupakan jenis pasta gigi dengan kandungan potasium nitrat, yang sangat tepat dipergunakan untuk Anda yang mempunyai gigi yang peka atau sering ngilu.  Pasta gigi jenis ini sudah tersedia di apotik maupun supermarket.  Tetapi bila diperlukan bisa berkonsultasi ke dokter gigi Anda.

5. Anda Bisa Memilih Pasta Gigi Untuk Pemutih

Pasta gigi pemutih dapat membuat gigi menjadi putih bersih yang efektif dan aman.  Selain itu pasta gigi pemutih dapat membantu menghilangkan noda dari gigi. Pasta gigi pemutih mengandung bahan-bahan abrasif yang dapat memoles gigi atau menghilangkan noda dari permukaan gigi.  Tetapi bagi Anda yang mempunyai gigi sensitif sebaiknya menghindari jenis pasta gigi pemutih karena dapat menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif.

6. Memeriksa Tingkat RDA

RDA (Relative Dentin Abrasivitas) merupakan ukuran kandungan zat abrasif sebagai pemutih dan pembersih gigi.  Tingkat abrasivitas setiap jenis produk pasta gigi bervariasi.  Produk dengan RDA di bawah250 aman dan efektif untuk digunakan.  Semua pasta gigi yang disetujui oleh asossiasi dokter gigi harus memiliki RDA 250 atau kurang. Pasta gigi yang memiliki RDA yang lebih tinggi dari 250 dapat merusak gigi.

7. Memilih Pasta Gigi Yang Tepat Untuk Mencegah Terbentuknya Tartar atau Karang gigi

Lapisan bakteri, yang disebut plak, akan terbentuk pada gigi sebelum maupun sesudah menyikat gigi. Plak yang mengeras akan berubah menjadi karang gigi atau tartar. Tartar sulit dihilangkan dan dapat menyebabkan penyakit gusi.  Kebersihan mulut yang tepat dan pembersihan gigi yang teratur dapat mencegah terjadinya endapan karang gigi.  Apabila sudah terbentuk tartar pada gigignya maka harus berkonsultasi kepada dokter gigi.  Selain itu untuk mencegah pembentukkan tartar lebih lanjut Anda dapat menggunakan pasta gigi khusus untuk mengontrol pembentukkan tartar.  Karena pasta gigi tersebut mengandung bahan kimia, seperti pirofosfat dan seng sitrat, yang mencegah pembentukan tartar lebih lanjut.

8. Menggunakan Pasta Gigi Dari Bahan Alami

Pasta gigi alami biasanya tidak mengandung fluoride, sehingga memilih pasta gigi alami adalah cara terbaik untuk menghindari fluoride bagi orang yang sensitif terhadap bahan kimia fluoride.  Beberapa dokter gigi sering merekomendasikan untuk menggunakan pasta gigi alami untuk orang-orang yang memiliki kekhawatiran tentang fluorida dan bahan kimia lainnya yang terkandung dalam pasta gigi non alami.  Beberapa merek pasta gigi yang ada di pasaran juga mengandung bahan abrasif alami, seperti soda kue.  Soda kue adalah alternatif yang lembut sebagai bahan abrasif, tetapi juga efektif dalam menghilangkan noda.

Apabila Anda akan menggunakan pasta gigi alami, maka harus memeriksa bahan-bahan kandungannya dengan teliti dan mempertimbangkan manfaat dan juga kerugiannya karena biasanya pasta gigi alami tidak ada lebel rekomendasi dari asosiasi para ahli gigi atau Persatuan Dokter Gigi Indobnesia.

9. Menghindari Pasta Gigi Yang Mengandung Pemanis

Pemanis atau gula dapat menyebabkan kerusakan pada gigi, sehingga penggunaan pasta gigi yang mengandung gula tidak dianjurkan.  Pasta gigi yang khusus untuk anak mungkin mengandung kadar gula yang tinggi untuk memberikan rasa manis agar si anak mau untuk menyikat giginya.  Sementara itu pasta gigi yang dianjurkan oleh asosiasi ahli gigi atau PDGI di indonesia tidak mengandung gula atau zat lain yang berkontribusi pada kerusakan gigi.

Dengan begitu banyaknya pilihan jenis dan merek pasta gigi di pasaran maka, anda dapat menentukan sendiri jenis pasta gigi yang sesuai kebutuhan gigi Anda.  Tetapi bila Anda belum yakin dengan jenis pasta gigi yang dibutuhkan, alangkah lebih baik untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi Anda.  Karena seorang dokter gigi ketika akan merekomendasikan produk selalu mempertimbangkan dari sisi kesehatan mulut dan gigi seseorang sesuai kebutuhan individunya.

Kesimpulan

Anda harus bijak dan cerdas dalam memilih jenis pasta gigi yang beredar di pasaran.  Sesuaikan dengan kebutuhan gigi, sehingga Anda dapat menentukan pasta gigi yang tepat, karena memilih pasta gigi yang tepat akan berpengaruh pada kesehatan gigi dan mulut.  Bacalah label dan kandungan bahannya, jika diperlukan Anda bisa berkonsultasi ke dokter gigi.

Itulah artikel tentang “Bagaimana Cara Memilih Pasta Gigi yang Tepat Untuk Gigi Anda”.

Silahkan apabila ingin di share, dan bila ingin berlangganan tentang artikel kesehatan dari kami silahkan isi kontak dengan email Anda.

Semoga bermanfaat dan Jaga Kesehatan Tubuh (www.jagatubuh.com)

Sumber

Jayne Leonard. 25 July 2018. What is the best kind of toothpaste to use? medicalnewstoday.com

Hosting Unlimited Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

userobi

Lahir di Cirebon besar di Bogor, sekarang tinggal di Solo Pernah Kuliah di Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pakuan Bogor sampai selesai Anak 1 putri sudah kuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *