Cara Memasak Mie Instan Yang Sehat

Cara Cepat Hamil

Cara memasak Mie Instan Yang Sehat

Cara Memasak Mie Instan Yang sehat

Cara memasak mie instan yang sehat perlu diketahui bagi Kalian yang suka makanan tersebut apalagi ketika perut sudah merasa lapar sekali, maka memasak mie instan bisa menjadi alternatif pilihan utama.  Tetapi tak sebanding dengan perut kenyang, makan mie instan yang terlalu sering dapat membahayakan kesehatan secara serius.  Karena selain mie instan merupakan makanan dengan kandungan gizi tidak lengkap juga tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh kita, selain itu dalam mie instan terdapat  Monosodiun Glutamat (MSG) yang dapat membahayakan kesehatan otak. Orang yang terlalu sering memakan mie instan akan timbul gejala sakit kepala, mati rasa di beberapa bagian tubuh juga merasakan kesemutan berkepanjangan.  Tetapi jangan kuatir bagi Kalian yang suka mengkonsumsi mie instan tetap bisa memakannya, asalkan kalian tahu cara memasak mie instan yang sehat.

Lalu bagaimana cara memasak mie instan yang sehat agar kita tetap dapat menikmati kenikmatan mie instan tanpa harus merasakan gejala dan bahaya-bahayanya?

1. Jangan Memakan Mie Instan Dalam Keadaan Mentah atau Setengah Matang.

Yang benar adalah gunakan air bersih sesuai anjuran, kemudian dimasak sampai mendidih lalu masukkan mie instannya dan perhatikan lamanya memasak agar mi matang secara sempurna.

2. Jangan Memasak Mie Instan Dengan Menggunakan Microwave.

Tapi gunakan panci dan masak di atas kompor dengan api yang sudah membiru.

3. Buang Air Rebusan Mie Instan Yang Pertama

Ganti dengan air rebusan baru atau bisa juga ganti dengan air termos yang masih panas, karena air rebusan mie pertama yang terlihat keruh itu tidak sehat tidak sehat diakibatkan dari adanya percampuran minyak, air, dan juga zat pengawet yang ada di dalam mie instan tersebut. Ketika merebus mie zat pengawet yang ada di dalam mie akan larut ke dalam air rebusan. Dengan membuangnya dan mengganti dengan air panas yang baru (untuk mie kuah) maka zat pengawet tidak akan ikut termakan. Caranya rebus mie instan hingga masak, mie akan terlihat agak bening dan empuk kemudian angkat dan tiriskan mie. Bilas mie dengan menggunakan air dingin matang(bukan air es), agar mie terasa empuk dan kenyal.  Kemudian rebus air lagi sampai mendidih, setelah air mendidih, taruh mie dalam mangkuk yg sudah diberi bumbu buatan sendiri, lalu tuang air yang sudah mendidih secukupnya ke dalam mangkuk yang sudah ada mie dan bumbunya lalu di aduk biar bumbunya meresap.

4. Gunakan Bumbu Mie Instan Setengahnya Atau Dibuang

Salah satu bagian mi instan yang banyak dikhawatirkan orang-orang adalah bumbunya dan setiap mie instan memiliki jumlah bumbu yang berbeda-beda, yang telah disesuaikan dengan banyaknya jumlah mie instan. Tetapi dari bumbu mie instan yang sangat mengkhawatirkan kesehatan adalah kandungan MSG –nya (Mono Sodium Glutamat) dan kandungan garamnya yang melebihi batasan maksimal konsumsi darah kita. Bahkan banyak informasi yang menyebutkan bahwa kandungan bumbu mie instan dapat berakibat otak kita jadi lemot.  Lalu bagaimana caranya agar kita tidak terkena efek tidak baik dari bumbu mie instan tersebut? Caranya adalah gunakan setengahnya saja atau kalian tidak perlu menggunakan bumbu dari mie instan tetapi membuat bumbu sendiri yaitu dengan memberi sedikit garam, bawang putih, bawang merah, lada, dan ketumbar yang sudah di haluskan, jika di dapur ada kecap asin yang biasa digunakan pedagang bakmi, kita bisa tambahkan itu bahkan bisa juga menggunakan saus alami, berupa gerusan cabe dan tomat yang sudah ditumbuk atau dihaluskan. Itu akan jauh lebih menyehatkan daripada menggunakan bumbu bawaan dari kemasan mie instan.  Rasanya pasti tidaklah seenak dari bumbu aslinya, akan tetapi cita rasa dari bahan alami tentunya akan lebih sehat dan baik untuk tubuh kita.

5. Tambahkan Sayuran, Daging Dan Telur

Menambahkan sayur, daging, atau telur rebus akan melengkapi nutrisi yang tidak terdapat dalam mie instan.  Agar mie instan yang kita konsumsi lebih sehat.  Sayuran yang bisa kalian tambahkan bisa beruapa irisan daun sawi hijau atau caisin, wortel, tomat atau kangkung.  Untuk melengkapi kebutuhan proteinnya bisa ditambahkan sebutir telur atau udang rebus.  Bila tidak ada tambahan protein hewani bisa diganti dengan tahu atau tempe yang merupakan sumber protein nabati.

Cara memasaknya masukkan makanan-makanan sumber protein tersebut ke dalam rebusan mie instan pertama, kemudian ditiriskan dan diganti dengan air baru.

Nah mie instan yang sehat-pun siap disajikan.

Itulah tips “cara memasak mie instan yang sehat”, dengan mengetahui bagaimana cara memasak mie instan yang sehat maka bagi kalian yang suka dengan mie instan tidak perlu khawatir lagi dengan efek jangka panjang yang ditimbulkannya, tetapi jangan terlalu sering mengkonsumsi mie instan.

Semoga bermanfaat. “Jaga Kesehatan Tubuh” selalu

Sumber Referensi

  1. Infomenarik.terbaru.com. 2018. Begini tips segar masak mie instan
  2. nakita.grid.id.2018. Ingin makan mie instan tapi tetap sehat, ini cara memasak yang-benar
  3. Tip Dan Info Harian March 10, 2018. Tip Memasak Mie Instan Yang Aman,Enak Dan Sehat

 

Hosting Unlimited Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

userobi

Lahir di Cirebon besar di Bogor, sekarang tinggal di Solo Pernah Kuliah di Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pakuan Bogor sampai selesai Anak 1 putri sudah kuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *