Apa Saja Tanda Implantasi Kehamilan Yang Berhasil

Cara Cepat Hamil

apa saja tanda implantasi kehamilan yang berhasil

apa saja tanda implantasi kehamilan yang berhasil

Apa Saja Tanda Implantasi Kehamilan Yang Berhasil

Apa saja tanda implantasi kehamilan yang berhasil.  Dengan mengetahui tanda implantasi kehamilan yang berhasil, akan bisa menunjukkan bahwa Anda mulai hamil.

Meskipun dalam implantasi kehamilan terjadi pendarahan yang dapat membingungkan bagi sebagian wanita karena tidak sesuai dengan siklus haidnya dan terjadi tiba-tiba tentu ini akan membuat kecewa, terutama bagi Anda yang sedang merencanakan kehamilan, apalagi jika sudah tahu bahwa Anda hamil dan mungkin berfikir telah mengalami keguguran.  Tetapi Anda tidak perlu kecewa karena pendarahan tersebut bisa saja pertanda sesuatu yang baik, karena mungkin itu merupakan pendarahan implantasi yang merupakan suatu proses fisiologis normal dalam kehamilan dan sebagai suatu tanda implantasi kehamilan yang berhasil.  Hal tersebut merupakan salah satu gejala awal dari kehamilan. Kejadian yang sebenarnya adalah ketika embrio tertanam ke dalam dinding rahim, maka hal ini dapat menyebabkan terjadinya beberapa perdarahan kecil. Jenis bercak ringan ini tidak akan membahayakan calon bayi, karena sebagian besar wanita yang mengalami pendarahan implantasi akan memiliki kehamilan yang normal dan sehat.

Pengertian Implantasi Kehamilan

Implantasi adalah peristiwa tertanamnya/ bersarangnya sel telur yang telah dibuahi hasil dari konsepsi (peristiwa penyatuan antara sel mani dengan sel telur di dalam tuba fallopi yaitu saluran yang menghubungkan ovarium dan rahim) ke dalam endometrium atau dinding rahim. Ini adalah peristiwa alami yang terjadi seminggu setelah ovulasi dan merupakan tahap awal dari kehamilan.  Proses perlekatan atau implantasi bisa terjadi sebelum datangnya haid (haid tidak datang karena sel telur sudah dibuahi) sehingga terjadilah pendarahan implantasi sebelum haid.  Atau bisa juga terjadi setelah haid terlambat (dinding rahim tidak jadi luruh karena embrio telah menempel).

Hampir sepertiga dari wanita mengalami pendarahan implantasi tetapi sering menganggap itu adalah darah haid, karena terjadinya pada saat yang sama dari siklus haid.

Kapan Implantasi Kehamilan Kehamilan Yang Berhasil Terjadi?

Kebanyakan implantasi sering terjadi pada hari ke 10-14 setelah ovulasi atau masa subur yaitu masa di mana sel telur matang yang siap dibuahi dilepaskan oleh ovarium.  Masa subur terjadi sekitar 12-16 hari sebelum menstruasi berikutnya pada wanita yang memiliki siklus menstruasi teratur 28 hari sekali.  Proses implantasi tergantung dari berapa lama waktu yang dibutuhkan embrio untuk berpindah dari saluran tuba fallopi hingga menempel ke dinding rahim.  Makanya kadang-kadang dapat terjadi lebih cepat yaitu tujuh hari atau hingga 12 hari setelah ovulasi.

Dalam kebanyakan kasus, implantasi bisa terjadi sembilan hari setelah ovulasi, tetapi kebanyakan terjadi antara tujuh hari atau hingga dua belas hari setelah ovulasi, ditandai dengan keluarnya flek hitam pada bulan pertama kehamilan.  Selama ovulasi, indung telur melepaskan telur.  Kemudian ketika sperma memasuki tuba fallopi, ia akan membuahi sel telur dalam 12 hingga 24 jam setelah ovulasi. Telur yang dibuahi, disebut dengan zigot, kemudian akan berjalan ke tuba fallopi.  Pada saat itu zigot akan segera membelah diri membentuk bola padat terdiri atas sel sel anak yang lebih kecil yang disebut dengan blastomer.  Pada hari ketiga, bola tersebut akan terdiri atas 16 sel blastomer yang disebut morula kemudian pada hari ke 4 di dalam bola tersebut mulai terbentuk rongga, dan bola yang berongga tersebut dinamakan dengan blastula, yang akan memasuki rongga uterus dalam lima hingga enam hari setelah pembuahan. Kemudian implan ke rahim dalam satu atau dua hari. Oleh karena itu, seluruh proses dari pembuahan sampai implantasi memakan waktu enam hingga sepuluh hari. Ini berarti implantasi terjadi antara hari ke 20 dan 24 siklus menstruasi Anda.

Tahapan Implantasi Kehamilan

Implantasi embrio terjadi pada hari keenam atau ketujuh setelah ovulasi. Proses ini memiliki tiga tahap:

  1. Tahap pertama.  Embrio menempel pada dinding uterus (lapisan endometrium). Fase awal ini  disebut dengan adplantasi. Pada tahap ini, embrio berusia sekitar lima hingga enam hari.
  2. Tahap kedua.  Telur yang dibuahi akan menembus dinding uterus sehingga aman berada di dalam rahim. Proses ini dikenal dengan adhesi blastula ke endometrium.
  3. Tahap ketiga.  Embrio tertanam di dalam dinding uterus. Pada tahap ini, ovum terletak di rongga endometrium, dan ketika endometrium tumbuh, maka rongga akan kembali terbungkus dengan baik.

Tanda-tanda Implantasi Pada Kehamilan

Setiap kehamilan berbeda, dan begitu juga gejala implantasi.  Tanda kehamilan pertama bisa juga berbeda dengan kehamilan berikutnya.  Beberapa wanita tidak pernah memperhatikan gejala apa pun yang terkait dengan implantasi. Di bawah ini adalah tanda-tanda implantasi kehamilan yang dapat membantu untuk memastikan kehamilan Anda.

1.Pendarahan Implantasi

Pendarahan implantasi mungkin merupakan tanda implantasi pada kehamilan yang akurat, namun hanya 1 dari 3 wanita saja yang mengalaminya.  Karena kebanyakan wanita tidak menyadari dan tidak mengetahui bahwa bercak darah yang keluar merupakan pendarahan implantasi, bukan pertanda mereka sedang haid.  Padahal darah pada pendarahan implantasi berbeda dengan darah haid yang cenderung merah, menggumpal, dan keluar terus-menerus.  Sedangkan darah pada pendarahan implantasi terlihat berupa bercak-bercak (spotted), warnanya lebih muda dari darah menstruasi biasa (antara merah muda sampai berwarna coklat), yang biasanya hanya keluar sebentar (1 – 2 hari) selain itu darah implantasi tidak berbau, baunya seperti darah biasa. Jadi, jika Anda melihat perdarahan ringan atau bercak sebelum periode menstruasi, Anda tidak perlu khawatir.

2. Kram implantasi

Gejala implantasi kehamilan yang sering terjadi setelah bercak yang muncul sebelum berhenti haid adalah kram implantasi. Namun, kram ini lebih ringan dan kurang menyakitkan dibandingkan saat nyeri haid sehingga tidak akan membuat Anda sampai meringis kesakitan.  Rata-rata berlangsung singkat, sebagian besar hanya dirasakan hampir selama selama 5 menit saja dan terjadi hanya beberapa hari.  Kram implantasi biasanya akan dialami di daerah punggung dan perut bagian bawah.  Jika kramnya parah dan tak tertahankan untuk waktu yang lama, disarankan untuk menemui dokter Anda.

3. Perubahan Pada Payudara

Segera setelah implantasi, maka akan ada perubahan pada tubuh Anda terutama payudara.  Payudara mengalami perubahan seperti lebih melunak, terasa nyeri, dan bengkak. Hal ini terjadi karena adanya perubahan kadar hormon wanita setelah pembuahan. Dalam beberapa kasus, perubahan ini terlihat selama ovulasi serta seminggu setelah ovulasi.  Pada umumnya payudara mulai terasa sakit pada beberapa hari setelah pembuahan.  Kebanyakan wanita akan tetap merasakan sakit tersebut hingga 7 hari setelah masa ovulasi. Sakitnya payudara ini biasanya tetap dirasakan pada sepanjang kehamilan, begitu juga dengan tekstur melunaknya yang tidak akan hilang dalam hitungan hari.

Melunaknya payudara saat hamil tidak sama seperti menjelang haid, maka hal ini dapat dijadikan sebagai tanda implantasi berhasil kalau seorang perempuan memang positif hamil.   Jika Anda mengalami perubahan pada payudara menjadi melunak dan sakit, maka untuk memastikannya lakukan tes kehamilan.

4. Peningkatan Suhu Tubuh Basal

Naiknya Suhu Tubuh Basal (STB) selama implantasi dapat dijadikan tanda dari implantasi kehamilan.  Untuk mengetahui adanya peningkatan suhu tubuh Anda maka yang harus dilakukan adalah memetakan atau mencatat suhu harian dari hari ke hari mulai dari sejak saat berusaha hamil.  Suhu tubuh basal (BBT=Basal Body Temperature) akan meningkat pada saat ovulasi karena adannya peningkatan hormon progesteron dan tetap tinggi ketika implantasi terjadi.

5. Sering Buang Air Kecil

Dorongan untuk buang air kecil meningkat dalam waktu satu minggu setelah implantasi, terutama dalam minggu-minggu pertama hingga sebulan.  Seringnya buang air kecil dapat dijadikan sebagai tanda implantasi kehamilan yang berhasil.  Tubuh Anda mengalami perubahan besar untuk memberi ruang bagi janin walau hanya sebesar kacang polong saja, itu sudah cukup menekan saluran kemih dan juga adanya peningkatan suplai darah ke area panggulpun memberikan tekanan pada kandung kemih Anda. Tekanan ini meningkatkan keinginan untuk buang air kecil.

6. Ngidam Terhadap Makanan Tertentu

Ini adalah tanda menonjol dari implantasi kehamilan yang berhasil. Hormon yang dihasilkan sebagai hasil implantasi cenderung mengubah kesukaan dan ketidaksukaan wanita untuk makanan. Anda mungkin menginginkan makanan yang belum pernah Anda rasakan sebelumnya atau tidak menyukai makanan yang pernah Anda sukai.  Penyebab kondisi ini adalah karena tubuh memproduksi kelebihan hormon yang menyebabkan indera perasa berubah.  Namun, keinginan atau keengganan terhadap makanan dalam tujuh hari ovulasi tidak dapat dianggap sebagai gejala implantasi.

7. Berhenti Haid

Berhenti haid merupakan tanda implantasi kehamilan yang berhasil dan merupakan tanda paling umum yang bisa dilihat, dan ini biasanya terjadi sekitar 1-2 minggu setelah pembuahan.  Jika haid berhenti dan tidak datang sesuai siklusnya, maka segera lakukan tes kehamilan, karena pada saat itu hasilnya akan lebih akurat, tetapi jika hasilnya negatif tunggu 1 minggu lagi lalu tes ulang.

8. Lendir Serviks

Tanda implantasi kehamilan yang berhasil, bisa diketahui dengan adanya perubahan pada lendir serviks, baik dalam  konsistensi, warna, maupun volumenya.   Jika lendirnya menjadi berwarna putih, maka volume yang keluar lebih banyak, juga teksturnya licin, maka sudah dapat dipastikan terjadinya suatu kehamilan.  Perubahan lendir terjadi karena adanya peningkatan tingkat progesteron setelah implantasi yang mengakibatkan serviks membengkak dan juga meningkatkan aliran darah ke dalamnya.  Kelenjar yang membesar dan peningkatan hormon dapat menstimulasi kelenjar untuk menghasilkan lebih banyak lendir serviks.  Lendir serviks tersebut mengandung darah, itulah mengapa lendir serviks setelah implantasi terlihat berwarna merah muda atau kecoklatan.

Walaupun tanda-tanda di atas dapat menentukan kehamilan Anda, namun untuk meyakinkan hendaknya Anda melakukan tes kehamilan, karena tidak semua wanita memiliki tanda-tanda ini.

Jadi satu-satunya cara untuk memastikan bahwa tanda implantasi kehamilan yang berhasil sehingga Anda benar-benar hamil adalah melalui tes kehamilan.  Jika Anda melihat bercak atau flek yang merupakan pendarahan implantasi, tunggu sekitar tiga hari baru setelah itu lakukan tes kehamilan, karena akan semakin banyak kemungkinan untuk mendapatkan hasil yang akurat karena tingkat hCG Anda akan meningkat.

Cara lain untuk memastikan implantasi berhasil adalah dengan USG untuk mengetahui apakah embrio melekat pada dinding uterus. Setelah tiga hingga empat minggu implantasi, Anda bisa melihat janin di rahim.  Namun USG dapat memiliki efek buruk pada proses implantasi dan perkembangan janin yang sensitif.

Anda mungkin saja memiliki tanda-tanda implantasi yang berhasil, tetapi setelah di tes hasilnya negatif.  Ini mungkin karena hormon hCG yang tidak mencukupi. Dalam beberapa kasus, diperlukan waktu hingga sepuluh hari pasca implantasi untuk memiliki cukup hCG dalam tubuh untuk memberikan hasil yang positif. Karena itu, bersikaplah optimis dan sabarlah.

Itulah artikel yang dapat saya susun tentang “Apa Saja Tanda Implantasi Kehamilan Yang Berhasil”, semoga bermanfaat untuk Anda

Referensi

  1. Rebecca Malachi. momjunction.com. Pregnancy Implantation
  2. Ibuhamil.com. Flek Implantasi Muncul Sesudah Jadwal Haid Atau Sebelum Jadwal Haid ?
  3. Mediskus.  Kapan Bercak Darah Tanda Hamil Muncul?
  4. Meetdoctor.com. Darah Implantasi
  5. Tanya.asmaraku.com. Tanda Implantasi Berhasil

 

Hosting Unlimited Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

userobi

Lahir di Cirebon besar di Bogor, sekarang tinggal di Solo Pernah Kuliah di Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pakuan Bogor sampai selesai Anak 1 putri sudah kuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *