Badan Cepat Lelah ? Temukan Penyebab dan Solusinya

Cara Cepat Hamil

badan cepat lelah? Temukan penyebab dan solusinya

Badan cepat lelah ? Temukan penyebab dan solusinya

Badan Cepat Lelah dan Mengantuk? Temukan Penyebab dan Solusinya

Badan cepat lelah dan mengantuk? Temukan Penyebab dan Solusinya. Banyak orang yang mengeluh, kalau badannya sering merasa cepat lelah dan mengantuk, bahkan dirasakannya dalam jangka waktu yang lama. Kelelahan adalah masalah umum yang disebabkan oleh keadaan fisik dan mental yang sangat lelah.  Kelelahan fisik dan mental berbeda, tetapi sering dirasakan secara  bersamaan.  Tetapi kelelahan fisik yang dirasakan cukup lama dapat juga mengakibatkan kelelahan mental.  Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serika (Control Dissease Centre=CDC), sekitar 15,3 persen wanita dan 10,1 persen pria merasa cepat lelah atau kelelahan yang dirasakan dalam jangka waktu lama.  Kelelahan sudah pasti akan menimbulkan banyak masalah seperti yang dilaporkan di Amerika Serikat bahwa sekitar 1 dari 25 pengemudi dewasa tertidur di belakang kemudi setiap bulannya karena kelelahan.  Dan sekitar 72.000 tabrakan dan 6.000 kecelakaan fatal yang terjadi menyebabkan  44.000 cedera setiap tahunnya adalah akibat dari pengemudi yang mengantuk.

Banyak faktor yang menyebabkan seseorang merasa cepat lelah dan mengantuk.  Faktor-faktor tersebut adalah :

1. Kurang tidur

Aktifitas fisik dan mental yang terlalu berlebihan karena pekerjaan atau aktifitas lainnya akan mengurangi lamanya waktu tidur, juga kualitas tidur yang buruk menjadi penyebab utama cepat lelah dan mengantuk.  Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat menyebutkan bahwa 1 dari 3 orang di Amerika tidak cukup tidur. National Heart, Lung, dan Blood Institute (NHLBI) merekomendasikan tidur 7 hingga 8 jam sehari untuk orang dewasa yang berusia di atas 18 tahun.  Sedangkan menurut The American Academy of Sleep Medicine dan Sleep Research Society, orang dewasa yang berusia antara 18 dan 60 tahun membutuhkan durasi tidur malam selama 7 jam atau lebih maksimal 9 jam setiap malamnya untuk mencapai kesehatan optimal tubuhnya.  Apabila durasi tidurnya kurang dari waktu yang telah direkomendasikan maka akan menyebabkan cepat lelah dan mengantuk, sehingga aktifitas rutin setiap hari akan terganggu, juga bisa menimbulkan resiko kecelakaan baik di jalan maupun dalam pekerjaan.  Selain itu dapat menimbulkan dampak kesehatan yang buruk bagi tubuh seperti diabetes, obesitas, tekanan darah tinggi, depresi, penyakit jantung, stroke, dan memungkinkan terjadinya peningkatan risiko kematian.  Alasan-alasan seseorang menjadi kurang jam tidurnya adalah suka begadang, menonton TV sampai larut malam, seringnya melakukan kerja lembur, mengalami jet lag, mengidap sleep apnea, narkolepsi, insomnia (sulit tidur) dan refluks esofagitis (peradangan pada kerongkongan).

Berikut beberapa langkah yang bisa Anda jalankan apabila kesulitan untuk tidur selama 7 jam

  • Disiplin waktu jam tidur dan waktu jam bangun.  Usahakan untuk tidur pada jam yang sama setiap malamnya dan bangun pada jam yang sama setiap paginya bahkan pada akhir pekan.
  • Hindari tidur siang. Yang dimaksud adalah hindari tidur siang yang terlalu lama, tetapi apabila Anda tidur 15-20 menit diwaktu jam istirahat kerja yang tujuannnya untuk mengembalikan kebugaran tubuh tidak mengapa.  Karena jika tidur siang yang terlalu lama akan mengurangi jumlah tidur yang dibutuhkan pada malam harinya, sehingga menyebabkan kesulitan untuk tidur malam.
  • Matikan lampu ketika tidur.  Karena setiap cahaya yang masuk ke kamar dapat mengganggu tidur Anda, jangan sampai ada cahaya walaupun cahaya dari handphone atau perangkat digital lainnya.  Jika ada pendingin ruangan lebih baik karena suhu ruang AC (pendingin) lebih mempercepat untuk tidur daripada suhu yang lebih hangat.
  • Hindari kafein.  Jangan minum minuman yang mengandung kafein seperti kopi ataupun teh sebelum tidur karena efek stimulasi kafein dapat berlangsung selama beberapa jam setelah meminumnya yang akhirnya Anda mengalami kesulitan untuk memulai tidur.  Juga jangan merokok sebelum tidur karena dapat menyebabkan tidur menjadi sering terbangun dan tidak nyenyak.

Apabila Anda sudah menjalankan kebiasaan tidur seperti di atas, tetapi ketika bangun dari tidur masih terasa kelelahan, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter Anda, karena mungkin memiliki masalah medis yang terkait dengan tidur seperti insomnia, sleep apnea, tidur obstruktif atau lainnya.

2. Badan Cepat Lelah dan Mengantuk Berhubungan Dengan Kesehatan Mental

Hal ini terjadi biasanya karena mengalami stres yang berlebihan, akibat berduka dan mengalami kesedihan, adanya gangguan makan, kejenuhan, rasa cemas, ada masalah di tempat kerja atau di dalam rumah tangganya,  kemacetan lalu-lintas, pemenuhan kebutuhan hidup, persaingan kerja, tuntutan hidup, dan lain sebagainya ataupun karena mengalami insomnia.  Banyak hal dan situasi yang bisa menjadi penyebab timbulnya stres tersebut.

Stres hal yang wajar dialami oleh setiap manusia, tetapi tidak berlebihan, bahkan itu bisa menjadi suatu hal yang positif agar kita lebih teliti dan cermat serta waspada dalam menjalankan pekerjaan ataupun aktifitas lainnya. Tetapi apabila mengalami stres yang berlebihan dan berkepanjangan akan dapat menyebabkan terjadinya kelelahan fisik berupa cepat lelah dan mengantuk juga kelelahan emosional yang akhirnya menimbulkan penyakit.

Ketika Anda mengalami stres maka tubuh memberikan reaksi yang dikenal dengan Fight or Flight Mechanism / Fight or Flight Response yaitu suatu proses dimana organisme akan menilai suatu ancaman yang sedang dihadapinya. Apabila ancaman tersebut dinilai kecil dan bisa dihadapi maka organisme akan memberikan perlawanan tetapi apabila ancaman tersebut dinilai lebih besar dari dirinya dan tidak bisa dihadapi, maka organisme akan lari dari ancaman tersebut.  Namun pada kondisi Fight or Flight Mechanism tersebut terjadi juga proses kimiawi didalam tubuh yang dapat mempengaruhi kesehatan.

Jika Anda mengalami stres yang menyebabkan kelelahan dan membuat sakit kepala, migrain, atau otot tegang, cobalah beberapa tips ini.

  • Identifikasi sumber stres. Cari dan fahami apa yang menyebabkan Anda menjadi stres.
  • Hindari mereka yang membuat Anda stres.  Apabila penyebab stres Anda adalah seseorang atau kelompok orang di lingkungan Anda atau orang yang dikenal, maka kurangi berhubungan dengan mereka.
  • Melakukan Komunikasi. Lakukan komunikasi untuk mengungkapkan dan berbagi cerita tentang permasalahan atau beban hidup kepada seseorang, hal tersebut dapat mengurangi beban yang dialami dan mengatasi stres, juga memungkinkan untuk mendapatkan solusi dari permasalahan tersebut. Hasil suatu penelitian menunjukkan bahwa orang yang tertutup lebih rentan mengalami stres daripada orang yang membuka diri dan sering berkomunikasi mengenai permasalahannya dengan orang lain.
  • Berfikir positif.  Lihat situasi stres dalam hal yang lebih positif. Misalnya, jika Anda terjebak dalam kemacetan lalu lintas yang menyebabkan stres, maka jadikan keadaan tersebut sebagai kesempatan untuk berdzikir atau mengulang hafalan Al Qur’an jika Anda seorang muslim.
  • Menerima kenyataan yang tidak dapat diubah. Beberapa sumber stres, seperti penyakit atau kematian orang yang dicintai, pasti tidak dapat dihindari dan cara terbaik untuk mengatasi stres tersebu adalah berusaha untuk hal tersebut sebagaimana adanya.
  • Belajar untuk memaafkan. Apabila penyebab stres adalah karena orang lain berbuat salah maka jauhi amarah, kebencian, dan energi negatif lainnya dengan cara memaafkan teman, keluarga, dan rekan kerja, dan teruslah melangkah.
  • Melakukan aktifitas fisik.  Aktifitas fisik adalah pereda stres yang signifikan, jika Anda merasa stres berlebihan lakukan aktifitas fisik misalnya melakukan olah raga dan beberapa olah raga yang ampuh untuk menghilangkan stres diantaranya berenang, jalan sehat, lompat tali atau Anda bisa melakukan olah raga yang lebih menantang seperti bungee jumping, surfing, jumping rope, naik gunung hingga panjat tebing.  Bagi Anda seorang muslim bangun tengah malam dan lakukan sholat tahajud lalu berdoa memohon kepada Allah agar dijauhkan dari segala yang membuat kesusahan hati.

3. Diet Yang Buruk, Penyebab Cepat Lelah dan Mengantuk.

Badan yang cepat lelah dan mengantuk bisa juga terjadi karena anda melakukan diet atau pola makan yang buruk.  Untuk itu makanlah makanan yang sehat dan gizi seimbanghal ini akan membantu mengatasi kelelahan.  Untuk mendapatkan makanan sehat dan seimbang serta nutrisi yang dibutuhkan juga  menghilangkan kelelahan maka pilihlah campuran makanan sehat dari lima kelompok makanan, yaitu buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein, dan susu.

Ikuti langkah-langkah  pola makan yang sehat di bawah ini

  • Jumlah kalori yang tepat.  Makan dengan jumlah kalori yang tepat sesuai dengan jenis kelamin, usia, berat badan, dan tingkat aktivitas Anda. Makan terlalu banyak atau terlalu sedikit dapat membuat Anda merasa lamban.
  • Perbanyak makan buah dan sayuran.  Isi setengah dari piring Anda dengan buah-buahan dan sayuran. Perbanyak makan buah utuh dan sayuran pilihan.
  • Konsumsi makanan kacang dan biji-bijian. Dalam sebuah penelitian kedua bahan ini sangat baik dan penting untuk diet sehat.  Jika kita mengonsumsinya secara teratur, tubuh kita akan merasa jauh lebih baik. Diantaranya adalah beras merah, oatmeal, kacang almond, kacang merah dan lainnya.
  • Beralih ke susu rendah lemak atau bebas lemak.  Akan membantu membatasi asupan kalori Anda dari lemak jenuh.
  • Variasikan makanan sumber protein.  Cobalah untuk memilih unggas dan daging tanpa lemak , batasi daging olahan, pilih kacang dan biji-bijian, dan perbanyak beberapa makanan laut yang kaya omega-3.
  • Kurangi asupan gula. Gula dapat memberikan energi bagi tubuh tetapi cepat habis dan bisa menyebabkan Anda menjadi lelah.  Hindari makanan dan minuman yang terlalu banyak mengandung gula.
  • Jangan melewatkan sarapan.  Melewatkan sarapan secara dapat menyebabkan Anda kehilangan nutrisi utama dan energi yang Anda butuhkan untuk memulai aktifitas Anda pada hari itu.
  • Makan secara teratur. Pertahankan tingkat energi Anda dengan makan tiga kali sehari dan batasi camilan yang tidak sehat.
  • Minum cukup air. Minum cukup air dapat membantu mencegah dehidrasi, yang menyebabkan kelelahan, pikiran tidak fokus, adanya perubahan suasana hati, badan panas, dan menyebabkan sembelit.

4. Kurang Banyak Bergerak

Ketika badan Anda mudah lelah dan sering mengantuk, jangan hanya tiduran atau duduk-duk di sofa  tetapi cobalah untuk bangun dan bergerak.  Karena itu menjadi hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikan energi dan menghilangkan kelelahan.  Berolahraga dapat membantu meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan.

Penelitian oleh University of Georgia (UGA) di Athena menemukan bahwa seseorang yang duduk diam melepaskan kelelahan dibandingkan dengan orang yang mengalami hal yang sama juga kemudian melakukan olah raga dengan intensitas sedang kurang lebih selama 20 menit ternyata dapat membantu meningkatkan energinya.  Berbeda dengan orang yang duduk diam, tidak ada peningkatan energi bahkan semakin terasa lelah dan malas.

Jika anda belum terbiasa melakukan olah raga, maka mulailah dengan perlahan misalnya melakukan jalan cepat selama 10 menit setiap harinya dan ditingkatkan setiap harinya hingga 30 menit dan dilakukan selama 5 hari setiap minggunya.  Anda juga bisa melakukan latihan olah raga lainnya seperti berenang, aerobik ataupun bermain tenis, luangkan waktu untuk melakukan secara rutin dan lakukan dengan intensitas sedang.

5. Mudah Lelah Karena Ada Gangguan Kesehatan Tubuh

Tubuh yang mudah lelah bisa juga terjadi karena kondisi kesehatan tubuh yang memburuk.  Jika Anda masih selalu merasa kelelahan walaupun sudah rajin berolah raga, melakukan diet sehat dan juga mengatasi stres, mungkin penyebabnya adalah adanya gangguan kesehatan pada tubuh Anda.  Gangguan-gangguan kesehatan tersebut diantaranya :

  • Gangguan kesehatan yang paling umum penyebab kelelahan.  Anemia, gangguan kelenjar tiroid, diabetes, infeksi saluran kemih, intoleransi makanan, penyakit jantung dan paru-paru meliputi pneumonia, aritmia, asma, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), penyakit katup jantung, penyakit jantung koroner, gagal jantung kongestif, GERD, refluks asam, penyakit usus inflamasi (IBD), dan demam kelenjar.
  • Kondisi kesehatan tertentu yang dapat menyebabkan kelelahan.  Kanker, kemoterapi, myalgic encephalomyelitis (ME), terapi radiasi, sindrom kelelahan kronis (CFS), fibromyalgia, lupus sistemik, rheumatoid arthritis, obesitas, kehilangan banyak darah, dan sistem kekebalan yang lemah.
  • Adanya infeksi dalam tubuh.  Kelelahan bisa sebagai tanda adanya infeksi dalam tubuh. Beberapa infeksi yang menyebabkan kelelahan ekstrim termasuk malaria, tuberculosis (TB), mononukleosis infeksiosa, cytomegalovirus (CMV), infeksi HIV, flu, hepatitis, dan lainnya.
  • Kehamilan.  Kondisi seperti kehamilan dapat juga menyebabkan kelelahan karena adanya perubahan pada hormon dan proses metabolik tubuh.
  • Nyeri kronis.  Nyeri kronis adalah nyeri yang menyerang salah satu anggota tubuh dan bertahan lebih dari enam bulan.  Nyeri kronis disebabkan diantaranya oleh : Cedera, adanya infeksi, posisi badan yang tidak semestinya (posisi badan salah ketika mengangkat beban berat), obesitas, tidur dengan menggunakan kasur yang sudah tidak rata, gangguan pada syaraf, adanya penyakit (fibromialgia, penyakit ruam saraf, kelainant bentuk tulang belakang atau sklerosis, dan radang sendi/reumatoid) atau menurunnya kondisi kesehatan.  Penderita nyeri kronik sering sering terbangun sepanjang malam. Mereka biasanya bangun dalam keadaan kelelahan dan kurang istirahat, kualitas tidur tidak baik. Kombinasi rasa sakit dan kurang tidur dapat menyebabkan kelelahan yang persisten.

6. Mengkonsumsi Obat-obatan dan Zat-zat kimia

Beberapa obat-obatan yang tergolong sebagai antidepresan, antihipertensi, statin, steroid, antihistamin,  obat penenang, dan obat anti-kecemasan dapat menyebabkan kelelahan. Aturlah dosis yang terendah atau berusaha menghentikan penggunaan obat-obatan tersebut.  Sementara itu zat-zat kimia yang berpengaruh adalah karena defisiensi vitamin dan mineral, keracunan, mengkonsumsi terlalu banyak minuman yang mengandung kafein atau alkohol, semua itu dapat mengganggu tidur yang normal dan akibatnya menjadi susah tidur sehingga menyebabkan kelelahan.  Kurangi konsumsi zat tersebut atau jangan mengkonsumsi menjelang waktu tidur malam.

Jadi apabila badan Anda sering cepat lelah dan mengantuk dalam jangka waktu lama, maka jangan diaanggap ringan atau jika Anda khawatir memiliki kondisi medis yang seperti di atas dan Anda merasa lelah, aturlah janji dengan dokter Anda untuk mendiskusikan kekhawatiran Anda sesegera mungkin.

Semoga bermanfaat, bila Anda suka dengan artikel ini silahkan di share.

www.jagatubuh.com

Referensi

  1. Jasmin Collier. 2018. Why You Feel Tired All The Time ? medicalnewstoday.com
  2. Christian Nordqvist  Reviewed by Judith Marcin, MD. 2017. Fatigue: Why Am I So Tired and What Can I Do About It ? medicalnewstoday.com

Hosting Unlimited Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

userobi

Lahir di Cirebon besar di Bogor, sekarang tinggal di Solo Pernah Kuliah di Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pakuan Bogor sampai selesai Anak 1 putri sudah kuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *