35 Tanda dan Gejala Gangguan Tiroid

Cara Cepat Hamil

35 Tanda Dan Gejala Gangguan Tiroid

35 Tanda Dan Gejala Gangguan Tiroid

35 Tanda dan Gejala Gangguan Tiroid

35 Tanda dan gejala gangguan tiroid yang perlu diketahui.  Sebelum mengetahui tanda dan gejala gangguan tiroid, kita kenali terlebih dahulu apa itu tiroid. Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu kecil berukuran kurang lebih 2 inci yang terletak tepat di bawah jakun.  Merupakan kelenjar utama yang bertugas mengatur berbagai sistem metabolisme, sehingga perannya bagi tubuh sangat penting. Apabila terjadi gangguan tiroid, sehingga tiroid tidak berfungsi dengan baik maka proses metabolisme dalam tubuhpun akan terganggu.

Kelenjar tiroid merupakan bagian dari sistem endokrin yang mengeluarkan hormon tiroid T3 (tri – iodothironin) dan T4 (tiroksin) ke dalam aliran darah kemudian didistribusikan hampir ke setiap sel dalam tubuh.  Kelenjar tiroid yang berfungsi normal dapat memproduksi sekitar 80 persen T4 dan sekitar 20 persen T3. Walaupun hormon T3 jumlahnya lebih sedikit tetapi memiliki efek yang lebih kuat dibanding T4. Kinerja dari kelenjar tiroid dikendalikan oleh otak, tepatnya oleh kelenjar hipofisis (pituitary) dan hipotalamus. Ketika tubuh mengalami kekurangan atau kelebihan hormon tiroid, otak akan merangsang kelenjar tiroid untuk menyesuaikan kinerjanya agar kadar hormon tersebut kembali seimbang.

Beberapa fungsi tubuh yang secara langsung dipengaruhi oleh kinerja tiroid adalah:

  • Tingkat metabolisme tubuh
  • Pernafasan
  • Kekuatan otot
  • Suhu tubuh
  • Kadar kolesterol
  • Denyut jantung
  • Siklus menstruasi atau fungsi menstruasi
  • Pengembangan sistem saraf

Selama masa kehamilan, pertumbuhan dan perkembangan tulang bayi sangat dipengaruhi oleh hormon tiroid Anda. Jika bayi sangat kekurangan hormon tiroid maka beresiko terjadinya Kretinisme, yaitu penyakit hipotiroidisme bawaan yang dapat menyebabkan keterbelakangan mental dan kelainan pertumbuhan pada anak.

Tiroid membutuhkan yodium untuk memproduksi hormonnya. Wanita hamil dan menyusui, memerlukan dua kali lipat asupan yodiumnya dari kebutuhan normal agar janin tumbuh dan berkembang dengan normal.

30 Signs of a Thyroid Problem -My Personal Struggle with Hypothyroidism. Pinterest

30 Signs of a Thyroid Problem -My Personal Struggle with Hypothyroidism. Pinterest

Apa Yang menyebabkan terjadinya Gangguan Tiroid ?

Gangguan tiroid bisa terjadi karena kadar hormon tiroid yang tidak terkendali dan tidak stabil karena ada serangan penyakit atau peradangan.

Gangguan tiroid bisa berupa Hypothyroidism (tiroid yang kurang aktif) yang mungkin disebabkan oleh adanya masalah pada kelenjar pituitari sehingga TSH yang diproduksi tidak mencukupi.  Adanya peradangan dan obat-obatan bisa juga menjadi penyebab terganggunya sisntesis hormon tiroid sehingga menyebabkan kadar hormon tiroid yang rendah.  Jika hormon tiroid yang diproduksi cukup rendah, akan dapat menyebabkan hilangnya kesadaran, penurunan suhu tubuh, dan dapat mengancam kehidupan. Penyakit Hashimoto adalah gangguan autoimun umum yang menyebabkan hipotiroidisme.

Selain hipotiroid ada juga gangguan tiroid Hipertiroidisme (tiroid yang terlalu aktif) dapat disebabkan oleh gangguan autoimun yang disebut penyakit Graves. Beberapa gejala yang terlihat menonjol adalah  mata bengkak, gelisah, dan tremor. Lebih dari 3 juta orang di AS menderita penyakit Grave setiap tahun.

Beberapa orang juga terlihat adanya pembengkakan di leher yang biasanya dikaitkan dengan gondok. Gondok bisa menjadi gejala hipotiroidisme atau hipertiroidisme. Perlu dilakukan tes untuk menentukan apakah penyebabnya karena tiroid yang terlalu aktif atau kurang aktif.

Gangguan tiroid lainnya adalah terbentuknya nodul tiroid. Yaitu benjolan di kelenjar tiroid yang tidak menyebabkan rasa nyeri. Namun nodul tiroid tersebut dapat menyebabkan hipertirodisme tetapi biasanya  tidak mempengaruhi hormon tiroid. Namun nodul tiroid dapat berkembang menjadi kanker dan bahkan dapat mempengaruhi pita suara sehingga suara menjadi serak. Selain itu nodul tiroid juga dapat mengganggu pernapasan, ketika menelanpun akan terganggu dan menyebabkan rasa gatal di tenggorokan.  Kondisi seperti itu biasanya nodul telah tumbuh cukup besar dan menekan kerongkongan atau batang tenggorokan Anda.

Tiroid nodul. Sumber Pinterest

Tiroid nodul. Sumber Pinterest

 

Selanjutnya berikut tanda dan gejala gangguan tiroid yang hipertiroid (over active thyroid) :

  1. Mudah mengalami kecemasan
  2. Ke luar keringat berlebihan karena tubuh meghasilkan panas yang berlebihan pada saat mengalami peningkatan metabolisme.
  3. Penurunan berat badan mendadak, bahkan ketika nafsu makan dan jumlah dan jenis makanan yang Anda makan tetap sama atau bahkan meningkat.
  4. Palpitasi atau denyut jantung yang cepat atau tidak beraturan.
  5. Tekanan darah tinggi (hipertensi)
  6. Mengalami insomnia atau kesulitan tidur.
  7. Sering gelisah, gugup, dan mudah tersinggung.
  8. Munculnya biduran (urtikaria) atau ruam.
  9. Rambut rontok secara tidak merata.
  10. Menjadi sensitive terhadap panas
  11. Otot menjadi lemah sering kedutan
  12. Tangan sering tremor (gemetar), juga pada jari.
  13. Kadang terjadi gangguan pada mata berupa Graves’ ophthalmopathy, yakni gejala yang mempengaruhi mata, terutama pada perokok dimana  bola mata akan tampak terlihat menonjol ke luar, karena jaringan dan otot yang ada di belakang bola mata mengalami pembengkakan.
  14. Diare dan buang air besar lebih sering.
  15. Periode menstruasi yang tidak normal
  16. Ada pembengkakan di leher
  17. Pada kejadian hipertiroid ekstrim dapat menyebabkan tulang rapuh dan masalah jantung yang serius.

Sedangkan tanda dan gejala gangguan tiroid yang hipotiroid (under active thyroid) adalah :

  1. Kulit menjadi kering dan kasar
  2. Sering mengalami sembelit (konstipasi)
  3. Kenaikan berat badan
  4. Merasakan kelelahan & kelesuan
  5. Mental Fog, yaitu kondisi saat seseorang sulit berkonsentrasi, tidak fokus, mudah terdistraksi, pelupa, dan mengalami gangguan proses berpikir lain.
  6. Retensi cairan (edema), karena cairan tidak di keluarkan dari jaringan
  7. Merasa depresi
  8. Rambut rontok
  9. Intoleransi terhadap hawa dingin terkadang merasa kedinginan sepanjang waktu
  10. Nyeri otot dan sendi
  11. Pada wanita dewasa hipotiroid akan menyebabkan libido menurun dan gagalnya ovulasi.
  12. Adanya gangguan siklus datang bulan
  13. Menorrhagia (haid berlebihan) adalah keluarnya darah menstruasi dalam jumlah yang terlalu  banyak atau berlebihanPeriode lebih panjang dari biasanya; pendarahan berlebihan
  14. Denyut jantung lambat
  15. Peningkatan kadar LDL dan Trigliserida darah
  16. Sering merasakan kesemutan di tangan
  17. Wajah membengkak
  18. Pembengkakan di sekitar leher juga bisa menjadi tanda hipotiroidisme.  Pada keadaan jangka panjang, seseorang yang menderita hipotiroid atau tiroid yang kurang aktif juga bisa menjadi gemuk atau tidak subur bahkan menderita penyakit jantung.

Itulah 35 tanda dan gejala gangguan tiroid yang perlu diketahui, apabila Anda mendapati salah satu atau lebih dari tanda dan gejala tersebut segeralah berkonsultasi ke dokter Anda.  Semoga bermanfaat.

www.jagatubuh.com

Referensi

  1. Belizeanbrunette.com. 30 Signs Of A Thyroid Problem Hypothyroidism Hyperthyroid
  2. Dokterpost.com. Ini Gejala Klinis Hipotiroidisme yang Dokter Harus Kenali
  3. Halosehat.com. 18 Gejala Hipotiroid Yang Wajib Diwaspadai
  4. Mediskus.com. Hormon Tiroid-Fungsi, Efek Kelebihan dan Kekurangan
  5. Mediskus.com. 14 Tanda-tanda dan Gejala Hipertiroid
  6. Skinndbeauty.com. 10 Signs You Have A Thyroid Problem And 10 Solutions For It. August 22, 2018

Hosting Unlimited Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

userobi

Lahir di Cirebon besar di Bogor, sekarang tinggal di Solo Pernah Kuliah di Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pakuan Bogor sampai selesai Anak 1 putri sudah kuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *