Ibu Ani Yudhoyono Mengidap Penyakit Kanker Darah

Cara Cepat Hamil

ibu ani yudhoyono mengidap penyakit kanker darah

ibu ani yudhoyono mengidap penyakit kanker darah

Sumber foto Tribunnews

 

Ibu Ani Yudhoyono Mengidap Penyakit Kanker Darah

Ibu Ani Yudhoyono mengidap penyakit kanker darah, merupakan berita yang cukup viral beberapa hari terakhir ini. Bapak Susilo Bambang Yudhono mantan presiden RI menyampaikan melalui video yang dirilis pada hari Rabu (13/2/2019) bahwa isteri tercinta Ani Yudhoyono menderita penyakit kanker darah sejak hari Sabtu (2/2/2019) dan  harus menjalani rawat inap di National University Hospital, Singapura atas rekomendasi dari tim dokter kepresidenan.

Dengan beredarnya video bapak SBY yang menyatakan bahwa ibu Ani Yudhoyono mengidap penyakit kanker darah, akhirnya banyak orang yang berpendapat bahwa kanker darah yang dialami oleh ibu Ani Yudhoyono sama dengan leukemia, padahal belum tentu kanker darah yang dimaksud adalah leukemia.

Untuk lebih memahami tentang perbedaan kanker darah dan leukemia saya membuat artikel ini, yang saya sadur dari carcenter.com dengan judul asli “What The Difference? Blood Cancers : Leukemia, Lymphoma And Multiple Myeloma”

Menurut ilmu kedokteran kanker itu ada yang bersifat padat yaitu merupakan kumpulan sel yang bermutasi dan tumbuh di luar kendali dan akhirnya membentuk tumor. Jenis kanker  padat yang paling  umum ada 6 jenis yaitu kanker payudara, kanker paru-paru, kanker prostat, kanker kolorektal, kanker melanoma, dan kanker kandung kemih.  Jenis-jenis kanker tersebut adalah kanker padat yang paling banyak ditemukan kasunya dan hampir mencapai 1 juta kasus  baru ditemukan setiap tahunnya.

Sedangkan kanker yang tidak dianggap sebagai kanker padat, dikelompokkan dalam kategori kanker darah seperti  leukemia, limfoma dan mieloma. Jenis kanker ini kasusnya sedikit ditemukan, kurang lebih 170.000 kasus kanker baru dalam setahun. Kanker-kanker tersebut  berasal dari darah, sumsum tulang, dan getah bening. Setiap jenis kanker darah memiliki sifat unik dan seringkali membutuhkan perawatan yang berbeda.

David Topolsky, MD, Hematologist-Oncologist & Medical Oncologist seorang ahli kanker, menyebutkan bahwa  kanker darah “Sebagai suatu keganasan hematologis”. Hematologi adalah darah, sedangkan keganasan yang dimaksud adalah kanker. Kanker darah adalah keganasan yang menempati ruang yang terkait dengan sumsum tulang dan suplai darah. “-

Tiga jenis utama kanker darah adalah:

1. Multiple myeloma

Kanker ini berkembang di sumsum tulang dan mempengaruhi sel-sel plasma, yang menghasilkan antibodi yang menyerang kuman infeksi dan penyakit. Ketika sel-sel plasma menjadi kanker, mereka akan menumpuk di sumsum tulang dan merusak atau melemahkan tulang sehingga menyebabkan rasa sakit. Sel-sel plasma kanker juga menghasilkan antibodi yang salah, yang membuatnya sulit bagi tubuh untuk melawan infeksi. Penyakit ini dapat diobati dengan terapi yang ditargetkan,seperti terapi radiasi, kemoterapi dan atau transplantasi sel induk.

2. Leukemia

Kanker sel-sel darah ini biasanya dimulai dari sumsum tulang belakang dan bergerak melalui aliran darah. Sumsum tulang akan menghasilkan sel-sel yang bermutasi dan menyebarkannya ke dalam darah, di situlah sel-sel kanker tumbuh dan berkembang sehingga sel-sel darah sehat akan terdesak ke luar. Leukemia timbul dalam berbagai bentuk, tetapi diagnosis utama ditentukan oleh apakah penyakitnya akut atau kronis. Leukemia akut cepat tumbuh dan memerlukan perawatan yang lebih inten.

3. Limfoma

Penyakit ini mempengaruhi sel-sel dalam sistem limfatik. Dalam limfoma, sel-sel kekebalan yang disebut limfosit, tumbuh di luar kendali dan berkumpul di kelenjar getah bening, limpa, di jaringan getah bening lainnya atau di organ-organ sekitarnya. Ada puluhan jenis limfoma, tetapi penyakit ini sebagian besar dikategorikan sebagai Hodgkin atau non-Hodgkin. Imunoterapi dapat digunakan untuk mengobati beberapa kasus limfoma Hodgkin. Perawatan limfoma lainnya adalah kemoterapi dan pembedahan untuk mengangkat kelenjar getah bening yang terkena.

Fungsi dari organ-organ yang merupakan tempat berkembangnya kanker darah

  • Darah: Darah mengangkut aliran oksigen dan karbon dioksida untuk masuk dan keluar dari tubuh, mengandung sel-sel kekebalan untuk melawan infeksi, dan memberikan nutrisi dan hormon.
  • Sumsum tulang: Sumsum tulang merah menghasilkan sel darah dan trombosit baru, yang membantu mengatur pembekuan darah. Sumsum tulang kuning menghasilkan dan menyimpan lemak yang membantu membangun tulang dan tulang rawan.
  • Limfatik: Cairan getah bening membawa sel-sel kekebalan ke seluruh tubuh, membawa bakteri ke kelenjar getah bening untuk disaring dari sistem peredaran darah, dan mengembalikan kelebihan protein ke pasokan darah.

Terlihat bahwa organ-organ tersebut mempunyai fungsi yang sangat vital dan tentunya akan terganggu fungsinya bila sel-sel kanker tumbuh dan berkembang di organ-organ tersebut

Pasien dengan kanker darah sering memiliki gejala umum yang sama dari ketiga jenis kanker darah tersebut yaitu : terjadinya kelemahan dan kelelahan pada tubuh, nyeri tulang, infeksi, timbul demam dan adanya penurunan berat badan. Ada beberapa gejala leukemia dan limfoma yang sangat mirip, sehingga sering dianggap sebagai jenis penyakit yang sama, tetapi hanya dibedakan dalam penamaannya saja, tergantung apakah ditemukan dalam darah atau dalam sistem getah bening. Misalnya, leukemia limfositik kronis dan limfoma limfositik kecil sama-sama memengaruhi jenis sel yang sama yaitu limfosit kecil sehingga sering dianggap penyakitnya sama tetapi versi yang berbeda.

Agar dapat ditangani dengan baik maka dilakukan diagnosis definitif yang memerlukan biopsi sumsum tulang atau prosedur yang disebut dengan flow cytometry, di mana sel kanker dianalisis dengan laser.

Dr. Topolsky mengatakan sangat penting untuk mendiagnosis secara akurat, tidak hanya untuk  jenis kanker darah saja, tetapi juga jenis lain yang dimiliki pasien. “Hal terpenting yang harus dipahami oleh pasien adalah apa yang dimilikinya,” kata Dr. Topolsky. “Ada begitu banyak jenis limfoma dan juga berbagai jenis leukemia. Tetapi yang terpenting adalah memiliki pemahaman yang jelas tentang penyakit spesifik yang ada pada tubuh pasien. Komunikasi yang baik yang baik dari dokter ahli kanker atau dari dokter Anda sangat penting dalam membantu untuk memahami apa yang Anda hadapi, dan pilihan terapi yang tersedia dan sesuai untuk Anda. “

Dari uraian singkat di atas, jelas bahwa leukemia merupakan salah satu jenis dari kanker darah, dan jenis kanker darah yang diidap oleh ibu Ani Yudhono sampai pak SBY merilis video, pihak RS mungkin belum bisa menentukan jenis kanker darah apa, karena seperti yang disampaikan dalam tulisan di atas, bahwa gejala umum dari ketiga jenis kanker darah hampir sama, bahkan hampir mirip namun demikian sesungguhnya, setiap jenis kanker darah memiliki sifat unik dan seringkali membutuhkan perawatan yang berbeda. Sehingga dalam penyampaiannya di video itu, bapak SBY tidak menjelaskan Ibu Ani Yudhoyono mengidap penyakit kanker darah jenis yang mana.

Itulah tulisan singkat tentang Ibu Ani Yudhoyono mengidap penyakit kanker darah, yang diharapkan melalui tulisan ini akhirnya dapat dipahami pengertian kanker darah dan leukemia.

Semoga Ibu Ani Yudhono diberikan kesembuhan serta kemudahan, dan Bpk SBY juga keluarga diberikan kesabaran Insyaa Allah ini menjadi pelebur dosa-dosa. Amiiin

Referensi

  1. Cancercenter.com. Whats the difference blood cancers leukemia, lymphoma and multiple myeloma
  2. Tribunnews.com. 2019. Ani yudhoyono sakit kanker darah samakah dengan leukimia apakah anemia jadi tanda.

Hosting Unlimited Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

userobi

Lahir di Cirebon besar di Bogor, sekarang tinggal di Solo Pernah Kuliah di Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pakuan Bogor sampai selesai Anak 1 putri sudah kuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *