13 Penyebab Tubuh Sering Merasa Kedinginan

Cara Cepat Hamil

13 Penyebab Tubuh Sering Merasa Kedinginan

13 Penyebab tubuh sering merasa kedinginan

13 Penyebab tubuh sering merasa kedinginan, sumber webmd.com

Jika tubuh sering merasa kedinginan walaupun keadaan udara tidak dalam keadaan dingin, maka beberapa hal berikut bisa menjadi penyebabnya. Untuk itu saya membuat artikel ini dengan judul “13 penyebab tubuh sering merasa kedinginan”, yang saya sadur dari artikel webmd.com dengan judul aslinya “Reason You Are Always Cold”

Jadi 13 penyebab tubuh sering merasa kedinginan yaitu :

1. Anemia

anemia

anemia, sumber shutterstock

Anemia adalah ketika tubuh Anda tidak cukup memiliki sel darah merah yang sehat untuk mengangkut oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Kondisi ini bisa membuat Anda menjadi lelah, lemah, pusing, dan napas pendek. Selain itu anemia juga dapat membuat tubuh sering merasa kedinginan, terutama pada bagian tangan dan kaki. Apabila Anda mengalami hal tersebut yang terbaik adalah konsultasikan ke dokter, dan dokterpun akan memberi tahu Anda jika perlu untuk melakukan perubahan dalam diet, mengonsumsi suplemen, ataupun perawatan lainnya.

2. Hipotiroidisme

hipotiroid

hipotiroid, sumber cori gramescu

Hipotiroidisme terjadi ketika kelenjar tiroid yang terletak di leher tidak menghasilkan cukup banyak hormon, yang  akibatnya bisa membuat Anda terlalu peka terhadap dingin, sehingga tubuh sering merasa kedinginan. Anda juga mungkin bisa mengalami nyeri sendi, sembelit, kulit kering, dan kenaikan berat badan. Gejala ini dapat memakan waktu bertahun-tahun untuk muncul.

Hipotiroidisme dapat disebabkan oleh banyak hal, termasuk penyakit atau karena perawatan untuk kondisi lain. Dokter Anda dapat meresepkan hormon buatan manusia untuk menggantikan hormon yang tidak diproduksi oleh tubuh Anda

3. Fenomena Raynaud

Fenomena Raynaud

Fenomena Raynaud, sumber fenpict.blogspot.com

Fenomena Raynaud adalah suatu keadaan berkurangnya aliran darah ke jari tangan, jari kaki, telinga, dan ujung hidung. Kondisi ini biasanya terjadi karena adanya paparan suhu dingin yang menyebabkan pembuluh darah di tangan dan kaki akan memberikan reaksi yang berlebihan terhadap suhu dingin ataupun stres. Fenomena Raynaud menjadi salah satu penyebab tubuh sering merasa kedinginan. Gejala awalnya adalah kulit menjadi putih kemudian biru dan ungu atau merah, jari tangan dan kaki menjadi dingin hingga mati rasa. Keadaan ini dapat berlangsung beberapa menit hingga beberapa jam. Bila tidak diobati akan menimbulkan luka atau borok. Karena aliran darah yang rendah dalam jangka waktu lama, maka kulit di daerah yang terkena fenomena raynaud bisa mengalami kerusakan secara permanen. Obat-obatan dapat meredakan gejala dan mencegah terjadinya kerusakan jaringan. Tindakan operasi bisa dilakukan bila kasusnya parah.

4. Penyakit ginjal

Penyakit ginjal terjadi karena ginjal mengalami gangguan sehingga tidak dapat melakukan fungsinya dengan baik dalam menyaring darah. Diabetes dan tekanan darah tinggi dapat menjadi penyebab timbulnya gangguan ginjal. Penyakit ginjal dapat dapat menurunkan suhu tubuh. Penyakit ginjal juga terkait dengan anemia, yang dapat membuat tubuh sering merasa kedinginan walaupun keadaan udara sedang hangat. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengobati penyakit ginjal Anda.

5. Diabetes tipe 2

Jika Anda memiliki penyakit diabetes tipe 2, Anda mungkin juga menderita anemia dan gangguan ginjal serta gangguan sirkulasi darah, kondisi ini bisa mengakibatkan tubuh sering merasa kedinginan. Kerusakan saraf akibat diabetes juga bisa membuat tubuh Anda sering merasa kedinginan. Dengan selalu menjaga gula darah agar tetap terkendali melalui perubahan gaya hidup serta mengonsumsi obat yang disarankan oleh dokter, akan dapat membantu mengurangi masalah penyakit ini.

6. Penyakit arteri perifer

Penyakit arteri perifer dapat terjadi ketika plak mempersempit pembuluh darah yang menyebabkan kaki dan juga terkadang lengan, sulit untuk mendapatkan suplai darah yang cukup. Jika salah satu kaki Anda lebih dingin daripada yang satunya dan rasanya menyakitkan, mati rasa, atau lemah, itu bisa menjadi pertanda bahwqa Anda menderita penyakit ini. Hubungi dokter bila merasakan gejala-gejala tersebut. Melakukan perubahan dalam diet dan olahraga juga bisa membantu, tetapi biasanya dokter Anda menyarankan untuk minum obat tertentu atau menjalankan operasi untuk mengobatinya.

7. Anorexia nervosa

Anorexia

Anorexia, sumber www.gettyimages.com

Anoreksia nervosa adalah gangguan perilaku makan karena ketakutan yang berlebih terhadap berat badan sehingga mengurangi secara drastis jumlah kalori dan menjadi kurus. Penyakit banyak terjadi pada orang-orang yang profesinya harus menjaga penampilannya. Orang yang mengalami gangguan perilaku seperti ini cenderung untuk selalu membatasi asupan makannya dengan cara melakukan diet yang sangat ketat. Sehingga jumlah kalori dalam tubuh sangat sedikit dan tentunya jumlah lemak dalam tubuhpun sedikit. Kekurangan lemak mengakibatkan tubuh sering merasa kedinginan setiap saat, terutama di tangan dan kaki. Kondisi ini bisa mengancam jiwa. Hubungi dokter jika Anda atau orang yang dicintai merasa memiliki gangguan perilaku seperti ini.

8. Flu

Flu disebabkan oleh virus yang dapat mempengaruhi kondisi seluruh tubuh Anda, termasuk hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Anda juga bisa mengalami demam tinggi dan kedinginan, sakit kepala, sakit otot, batuk, dan badan menjadi lemah.  Sakit flu bisa menjadi penyakit serius, terutama untuk anak-anak dan orang dewasa yang lebih tua. Anda bisa mendapatkan vaksin flu tahunan di RS untuk membantu tetap sehat.

9. Neuropati perifer

Neuropati perifer

Neuropati perifer, sumber webmd.com

Jika kaki Anda terasa dingin tetapi tidak dingin saat disentuh, itu bisa menjadi pertanda adanya gangguan neuropati perifer. Gejalanya sering dimulai dari jari kaki dan kemudia bergerak ke atas kaki. Hal itu bisa terjadi karena adanya cedera atau kondisi medis yang merusak saraf Anda. Diabetes menjadi penyebab yang paling umum utnuk terjadinya neuropati perifer. Atau bisa juga karena adanya infeksi, penyakit hati atau ginjal, tidak cukup asupan vitamin, atau kontak dengan bahan kimia beracun. Dokter Anda dapat mengatasinya setelah tahu penyebab dan masalahnya.

10. Tubuh tidak cukup mendapatkan vitamin B12

Apabila tubuh tidak cukup mendapatkan asupan vitamin B12, bisa terjadinya anemia, yang bisa membuat tubuh Anda sering merasa kedinginan. Anda bisa mendapatkan vitamin B12 dari ayam, telur, dan ikan. Beberapa sereal dan makanan lain juga diperkaya dengan vitamin B12. Tetapi ada sebagian orang yang kesulitan menyerap vitamin karena penyakit atau obat yang mereka minum.

11. Kurang asupan zat besi penyebab tubuh sering merasa kedinginan

Tubuh yang kurang mendapatkan zat besi dapat menyebabkan terjadinya anemia, kekurangan zat besi bisa membuat Anda sering merasa kedinginan. Keadaan ini bisa disebabkan karena tubuh kehilangan banyak darah, pola makan yang buruk, atau karena tubuh Anda tidak dapat menyerap makanan dengan baik. Sumber zat besi terbaik adalah daging merah, daging ayam, dan ikan. Sedangkan beberapa sumber zat besi yang non-daging diantaranya roti dan sereal yang diperkaya dengan zat besi, kacang polong, kedelai, buncis, dan sayuran berdaun hijau gelap.

12. Hipopituitarisme

Hipopituitarisme adalah kondisi dimana kelenjar pituitari (hipofisis) tidak mampu menghasilkan cukup hormon tertentu, sehingga penderitanya mengalami kekurangan hormon. Salah satu gejala umumnya adalah Anda sensitif terhadap dingin atau sulit untuk tetap hangat, kondisi ini bisa menyebabkan kehilangan nafsu makan, dan menurunkan berat badan hingga beberapa kilogram. Dokter akan mencari penyebab dari hipopituitarisme Anda dan menyarankan mengonsumsi obat untuk menggantikan hormon yang hilang.

13. Sedang konsumsi obat tertentu

Ada beberapa obat yang bisa menyebabkan tuubh Anda merasa lebih dingin sebagai efek samping dari obat tersebut. Seperti beta-blocker yang dapat membuat jantung menjadi lebih rileks, tetapi Anda juga akan  merasa pusing, lelah, mual, dan terasa dingin pada tangan dan kaki. Konsultasikan dengan dokter Anda, biasanya menyarankan untuk diganti obatnya atau dirunkan dosisnya.

Itulah artikel tentang “13 penyebab tubuh sering merasa kedinginan”, jadi apabila tubuh Anda sering merasa kedinginan konsultasikan ke dokter untuk diketahui penyebabnya, jangan menganggap ringan kondisi tersebut.

Hosting Unlimited Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

userobi

Lahir di Cirebon besar di Bogor, sekarang tinggal di Solo Pernah Kuliah di Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pakuan Bogor sampai selesai Anak 1 putri sudah kuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *