Mencoba Memahami Cara Menangisnya Bayi Anda

Cara Cepat Hamil

Memahami Cara Menangisnya Bayi

Memahami Cara Menangisnya Bayi

Mencoba memahami cara menangisnya bayi Anda. Menangis merupakan komunikasi awal yang dilakukan oleh bayi terhadap lingkungannya, dan bayi akan sering menangis dalam tiga bulan pertama. Bagi Anda yang baru menjadi orang tua atau seorang ibu, mungkin akan sering merasakan panik saat si bayi menangis terus padahal Anda sudah berusaha untuk mendiamkannya. Untuk itu sebagai ibu harus mempelajari kenapa bayi menangis dan memahami cara menangisnya bayi Anda, dengan demikian tentunya akan mudah untuk mengatasi bayi yang menangis dan juga rewel.   Sebagian peneliti percaya bahwa suara tangisan yang berbeda mengomunikasikan kebutuhan yang berbeda, begitu juga untuk bayi yang baru lahir.

Inilah tulisan singkat tentang “Mencoba Memahami Cara Menangisnya Bayi Anda”

  1. Memahami Cara Menangisnya Bayi Yang Kelaparan

Bayi yang menangis dengan suara keras disertai rewel dalam waktu yang lama, sulit dihentikan serta berirama bahkan terkadang menendangkan kakinya ke udara sambil menghisap jemarinya, itu adalah cara menangis dari bayi Anda yang sedang merasa kelaparan. Begitu Anda mengangkatnya, maka bayi berusaha mencari buah dada Anda. Walaupun Anda baru saja menyusuinya, kemungkinan si bayi masih merasa lapar dan memerlukan lebih banyak susu. Tangisan bayi jenis ini pun akan segera berhenti jika ia mendapatkan susu, baik susu formula maupun ASI.

Anda bisa mengenali ciri bayi yang sedang lapar tidak hanya memalui tangisannya saja, tetapi bisa dengan melihat apakah mulutnya  bayi membuka-buka, seakan-akan mencari buah dada Anda, mengisap kepalan tangan atau jari dan memukul-mukul bibirnya.

  1. Cara Menangisnya Bayi Karena Popok Basah

Tangisan bayi yang berirama teratur, dan secara terus menerus, semakin lama akan semakin keras bunyinya, cara bayi menangis seperti ini biasanya terjadi secara mendadak dan meningkat intensitasnya, melengking dibarengi dengan desahan terdengar seperti ada suara ‘hhh’ dan juga napas sedikit tersendat. Apabila cara menangis bayi Anda adalah seperti itu, maka pertama kali yang harus diperhatikan adalah popoknya atau diapersnya apakah basah atau ada kotorannya. Jika basah  ganti popoknya serta serta pakaian yang terasa basah, karena bayi tidak akan mrasa nyaman jika tidur dalam keadaan basah atau lembab.

  1. Memahami Cara Menangisnya Bayi Yang Kelelahan

Apabila bayi Anda menangis yang disertai dengan getaran dan bayi terlihat merasa gelisah, kemudian menggosok-gosok mata atau menggerakkan kaki serta tangannya, maka cara menangis bayi yang seperti itu menandakan bahwa dia mengantuk dan kelelahan. Menggendong bayi sambil mengayunnya dapat menenangkan tangisannya atau bawalah ia ke tempat yang sedikit sepi agar ia merasa tenang. Bayi Anda akan merasa kelelahan apabila berada di tengah banyak orang, saat berkumpul dengan keluarga, menghadiri pertemuan keluarga,  sehingga banyak orang-orang disekitar yang menimang-nimang atau mengajaknya bercanda. Hal ini akan membuat bayi merasa kelelahan, dengan suasana yang ramai tersebut.

  1. Memahami Cara Menangisnya Bayi Yang Kesepian Atau Ketakutan

Jika bayi tetap membuka mata saat dia menangis dengan keras, dan berhenti ketika Anda menggendongnya, maka kemungkinan bayi Anda sedang merasa kesepian atau ketakutan. Bayi sangat membutuhkan suatu ikatan yang kuat dengan orang tuanya, sehingga wajar bila dia menangis ketika ditinggal sendirian karena merasa kesepian ataupun merasa ketakutan. Si bayi ingin selalu merasakan detak jantung dan nafas dari kedua orang tuanya. Jadi memanjakan bayi di awal kehidupannya bukanlah sesuatu yang harus dikhawatirkan, karena memang itu menjadi kebutuhan bagi bayi Anda.

  1. Memahami Cara Bayi Menangis Karena Merasa Kesakitan

Biasanya saat bayi merasakan sakit yang datang tiba-tiba akan menangis sambil menjerit dengan suara yang sangat keras dan kasar memekakkan telinga. Tiap tangisan akan terdengar keras, pendek, dan menusuk. Matanya tertutup dan dahinya mengerut tetapi mulutnya terbuka. Tangisan ini dilakukan oleh bayi untuk mengomunikasikan keadaan mendesak yang terjadi pada dirinya. Jika Anda mendengar tangisan seperti itu lakukanlah sesuatu. Coba periksa apakah tangan dan kakinya terjepit bantal atau guling, atau bisa jadi ia menangis karena gigitan nyamuk, bisa juga karena popok (diapers) yang terbuka atau mungkin juga ada jari yang terluka. Jika tidak terjadi apa-apa, cobalah tenangkan bayi. Rasa sakitnya  akan berlalu dan bayi memerlukan kenyamanan.

  1. Memahami Cara Menangisnya Bayi Karena Badannya Tidak Sehat

Cara menangisnya bayi karena badannya tidak sehat atau sakit berbeda dengan tangisan kesakitan seperti tulisan di atas. Para orang tua yang telah berpengalaman biasanya akan langsung mengetahui begitu bayi mereka menderita sakit, karena tangisan bayi pada saat mereka sakit sangat berbeda dengan tangisan bayi jenis lainnya. Cara menangisnya bayi yang sakit atau tidak sehat badannya cenderung lebih lemah dan pelan tetapi sulit ditenangkan. Ada sebagian bayi yang mungkin akan menangis pada jam-jam tertentu, misalnya di tengah malam. Kemungkinannya bayi merasa lapar, atau bisa saja merasa sakit pada perutnya. Tetapi ketika saat masuk angin, si bayi  akan menangis dengan suara melengking dan akan terlihat gelisah lalu menarik lututnya ke dada. Untuk lebih memastikan dan jika ragu mengenai pola tangisnya Anda dapat berkonsultasi pada dokter. Atau juga apabila bayi tidak mau minum susu seperti biasanya, mengalami diare atau muntah maka Anda harus segera membawanya ke dokter.

Di bawah ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan bila bayi sakit, sebelum memutuskan untuk menghubungi dokter.

  • Jika punggung bayi terlihat melengkung dan perutnya keras, tangisan kesakitan bisa disebabkan oleh timbulnya gas. Tenangkan bayi dan gendong dalam posisi tegak ketika menyusui untuk membatasi munculnya gas di dalam perut bayi.
  • Jika bayi menangis dan terlihat matanya merah, bengkak, atau terlihat ada goresan, yang terbaik adalah hubungi dokter. Mungkin ada goresan atau sesuatu di matanya seperti bulu mata, yang menimbulkan kesakitan.
  • Apabila bayi yang merasakan sakit kemudian menangisnya lama, apalagi jika bayi lebih keras menangisnya ketika Anda menggendongnyaselain itu panas tubuhnya juga meningkat hingga demam maka segera hubungi dokter. Sebagai informasi! Apabila bayi Anda berumur di bawah tiga bulan dan mengalami demam atau suhu badannya mencapai 38 derajat Celsius jangan pikir panjang hubungi dokter segera, meskipun si bayi tidak rewel.
  1. Memahami Cara Menangisnya Bayi Karena Kolik

Kolik merupakan rasa nyeri atau sakit pada bagian perut, apabila terjadi pada bayi biasanya dikarenakan bayi terlalu banyak menelan udara pada saat menyusui atau minum. Kolik dapat mengganggu sistem pencernaan bayi sehingga tidak dapat bekerja dengan normal. Apabila bayi sedang mengalami kolik, maka cara menangisnya hampir sama dengan tangisan ketika dia sakit ditambah dengan muka bayi yang terlihat agak sedikit memerah, perutnya tegang, menarik kaki, dan juga mengepalkan tangan. Bayi bisa mengeluarkan gas atau kotoran pada popoknya ketika tangisan mulai berhenti.  Tangisan kolik terjadi minimal tiga jam dalam sehari, lebih dari tiga hari per minggu, da biasanya minimal selama tiga minggu. Selain itu tangisan kolik cenderung muncul pada waktu yang sama setiap hari. Penyebab kolik tidak diketahui. Belum ada obat yang terbukti bisa menyembuhkan. Jadi apabila bayi mengalami kolik maka tenangkan dan gendong dengan posisi tegak ketika menyusui untuk membatasi timbulnya gas di perut. Anda bisa juga menggosok tubuhnya  pada bagian perut atau punggung dengan minyak telon yang dapat memberi kehangatan pada tubuh, dan membantu meredakan perut kembung pada bayi. Jika Anda merasa tidak dapat mengatasinya maka segera bawa ke dokter. Biasanya bayi tidak merasakan kolik lagi setelah berusia tiga atau empat bulan. Kolik tidak memiliki efek penyakit yang berlangsung lama terhadap kesehatan atau pertumbuhan bayi.

  1. Cara Menangisnya Bayi Saat Kedinginan atau Kepanasan

Bayi yang kedinginan atau kepanasan akan merintih secara terus menerus. Karena bayi membutuhkan suhu udara yang normal sehingga tidak kedinginan ataupun kepanasan. Anda harus mengkondisikan ruangan dan suhu yang tepat untuk bayi. Jika bayi Anda kepanasan, segera ganti pakaian yang basah karena keringat si bayi. Kemudian bawa bayi keluar, untuk mendapatkan udara yang lebih sejuk. Jika di ruangan menggunakan AC, maka aturlah agar udaranya menjadi sejuk dan bayi tidak kepanasan, sebaliknya jika kedinginan, gendonglah bayi dengan kain yang lebar agar merasa hangat.

  1. Cara Menangisnya Bayi Ketika Bersendawa

Apabila saat bayi menangis dengan mengeluarkan bunyi “eh” yang panjang. Berarti ada gelembung udara yang masuk melalui mulut bayi dan tersangkut di dadanya, dan bayi akan berusaha mengeluarkan gelembung tersebut. Sehingga suara tangisan bayi akan terdengar seperti “eh”. Yang harus Anda lakukan adalah gendong bayi Anda, kemudian tepuk-tepuk secara halus dan perlahan di bagian punggungnya untuk membantu mengeluarkan udaranya.

Itulah artikel tentang “Mencoba Memahami Cara Menangisnya Bayi Anda”. Semoga bermanfaat

Apabila Anda akan belanja online untuk kebutuhan bayi Anda silahkan klik di sini

Referensi

  1. Hipwee.com. Arti Tangisan Bayi
  2. Cusson.co.id. Berbagai Macam Arti Tangisan Bayi
  3. Wikihow.com. Memahami Tangisan Bayi

Hosting Unlimited Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

userobi

Lahir di Cirebon besar di Bogor, sekarang tinggal di Solo Pernah Kuliah di Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pakuan Bogor sampai selesai Anak 1 putri sudah kuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *